2 Langkah Membuat Uang Bekerja untuk Anda

Sungguh nikmat rasanya jika uang yang kita miliki dapat bekerja untuk menghasilkan uang yang lebih banyak lagi. Menghasilkan uang dari uang yang kita miliki adalah impian banyak orang karena saat ini tampaknya sudah bukan pilihan yang menarik lagi jika hanya mengandalkan otot atau tenaga saja dalam mencari dan mendatangkan uang yang berlimpah. Mengapa demikian?

Ini karena orang bisa sakit, bertambah lemah termakan usia sehingga menjadi penyebab kendala dalam mendapatkan uang. Padahal jika kita cermat, kita bisa mengolah dan membuat uang bekerja untuk kita, tanpa terkendala dan terbentur oleh hal-hal fisik yang menahannya.

uang bekerja bisnisNamun untuk membuat uang bekerja untuk kita bukanlah perkara yang mudah. Selama cara pengaturan dan pengelolaan keuangan tidak efektif dan efisien, maka selama itu pula segala penghasilan yang kita peroleh hanya mengalir lewat begitu saja, dan tak pernah menjadi tabungan maupun modal buat berwirausaha.

Ketika Anda memiliki uang cadangan, maka kesuksesan membuat uang bekerja juga tergantung bagaimana kejelian anda mencari cara dan teknik pendulang uang. Ada banyak pilihan, namun yang menjadi tolok ukurnya bukanlah besarnya penghasilan, namun kesinambungan dan perkembangan yang berkelanjutan. Hal ini akan membuat mesin pencari uang yang bisa diandalkan. Mekanismenya adalah bukan bagaimana uang itu mengatur anda, tapi bagaimana upaya anda untuk mengatur uang tersebut agar berkembang biak dengan stabil. Misalnya dari dana sejuta menjadi dua juta, lalu berkembang dan berlipat dengan cepat. Jadi tidak habis ditelan oleh inflasi, seperti model investasi pasif pada umumnya.

Kelola keuangan anda secara efisien
Bukanlah perkara yang mudah untuk  membuat dan mengatur keuangan agar efisien, apalagi jika kebutuhan anda lebih besar dari penghasilan. Jika demikian terjadi, maka selama itu pula kita tidak akan bisa membuat uang bekerja untuk kita, karena lebih dulu habis untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Jadi,  kita harus memiliki langkah yang pasti untuk membuat keuangan kita surplus setiap bulannya sehingga bisa menjadi sarana untuk berinvestasi.

Berusahalah untuk menutup semua utang kartu kredit, dan jika itu berhasil, maka langkah selanjutnya adalah mulai sisihkan sebagian uang penghasilan bulanan untuk ditabung. Ini adalah langkah mendasar dalam mengatur keuangan agar menjadi lebih sehat dan efisien. Baru setelah itu, anda memiliki kesempatan dan modal/uang yang bisa digunakan untuk investasi. Jadi uang untuk investasi tersebut bukanlah berasal dari uang hasil utangan, meskipun tak sedikit yang menawarkan investasi tanpa modal. Tapi ada baiknya jangan tergoda memilih untuk memulai investasi dengan uang dari hasil hutang,  karena hasilnya akan tidak optimal dan tidak sehat dalam struktur keuangan kita.

Juga sudah harus dibagi proporsi investasi yang lebih besar dari belanja bulanan. Sehingga kedepannya akan membuat longgar langkah anda dalam berinvestasi karena pilihannya akan semakin beragam dalam mengelola keuangan nantinya.

Memilih sistem investasi yang efektif
Sebagai langkah awal dalam melakukan investasi, anda harus usahakan untuk memilih jenis dan model investasi yang aman. Ini bisa berbentuk system investasi pasif yang berpenghasilan tetap dan modalnya terjamin secara pasti. Artinya uang tersebut tidak akan hilang. Contoh investasi macam ini misalnya simpanan uang (deposito) di bank yang terjamin oleh LPS. Memang hasilnya kecil, tapi uang anda akan tetap aman untuk jaminan hari tua. Baru setelah itu, anda diharapkan dapat menyisihkan sebagian uang lagi untuk jenis investasi yang lebih progresif. Pilihannya bisa berupa jenis investasi yang memiliki resiko sedang, tapi menghasilkan uang yang lebih besar. Sebelum keuangan anda stabil, jangan tergoda dulu memilih investasi yang menawarkan penghasilan besar, karena risikonya juga besar. Ambil langkah aman dulu, agar bisa menguasai uang anda. Jangan tergiur iming-iming imbal hasil yang besar tanpa bisa mengontrol uang kita.

Usahakan semua uang yang diinvestasikan bisa ditarik dan sepengetahuan kita pengunaannya. Inilah yang disebut sebagai langkah aman menekan resiko investasi. Jadi uang tidak akan hilang dengan cepat tanpa kita tahu keberadaannya. Jadi simpulan dari postingan kali ini tentang cara agar uang bekerja untuk kita adalah langkah pertama berupaya menyisakan uang, dan langkah kedua adalah memilih investasi yang tepat.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait