Unik, Bisnis Jasa Penitipan Ternak Kerbau

Lumrahnya kita sering mengenal istilah jasa penitipan barang ataupun anak. Tapi, ternyata ada juga bisnis jasa penitipan dan pemeliharaan kerbau dan lembu. Bisnis ini ternyata dapat menjadi bisnis yang cukup menjanjikan khususnya bagi anda yang memiliki lahan terlantar dengan hamparan rumput yang begitu luas. Bisnis ini ternyata sudah dijalani warga Desa Lae Meang, kabupaten Pakpak Barat selama dua tahun terakhir. Seperti apa perjalanan bisnis ini? Berikut sekilas uraiannya.

Memiliki lahan terlantar dengan potensi hamparan rumput yang luas, itulah salah satu faktor yang menjadi pertimbangan 30 warga desa Lae Miang, kabupaten Pakpak Barat, Sumatera Utara untuk membentuk kelompok peternakan kerbau/lembu Solin Lae Meang. Lahan yang mereka miliki dimanfaatkan untuk memelihara kerbau titipan.

bisnis ternak kerbauKerbau - kerbau titipan tersebut dilepas bebas di lahan seluas 400 hektar. Namun para pemilik kerbau yang menitipkan ternaknya di lahan tersebut tidak perlu merasa cemas karena selain memiliki hamparan rumput yang luas, juga dikelilingi dengan anak sungai. Untuk menjaga keamanan kerbau setiap harinya, setiap anggota kelompok bergiliran memonitoring kerbau - kerbau tersebut. Bukanlah perkara yang sulit untuk mengumpulkan kerbau - kerbau titipan tersebut, petugas hanya perlu berteriak dan kerbau akan menghampiri arah suara.

Saat ini sudah ada 30 ekor kerbau yang dipelihara. Pemilik kerbau yang menitipkan ternaknya tidak dikenakan biaya sepeserpun, baik untuk biaya pemeliharaan maupun biaya pakan. Namun kelompok ini hanya mengambil keuntungan dengan cara bagi hasil setelah kerbau dijual. 

bisnis jasa penitipan ternak
Jika selama penitipan, ternyata kerbau beranak (melahirkan), maka anak kerbau juga akan dibagi rata antara pemilik dan kelompok. Demikianlah sekilas gambaran tentang bisnis penitipan ternak kerbau dan lembu yang ada di Pakpak, Sumatera Utara. Semoga memberi inspirasi bisnis anda!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait