Sulap Kaleng Bekas Jadi Produk Kerajinan Mahal

Barang bekas yang terbuang di tempat sampah bukan berarti tidak memiliki guna dan tak bernilai. Di tangan seorang warga Magelang, limbah kaleng bekas disulap menjadi barang pajangan yang memiliki nilai jual yang tinggi, bahkan hiasan dari kaleng bekas ini sudah merambah hingga ke luar negeri. Pajangan burung merak, ayam jago, dan lampu hias yang terpampang pada gambar di atas terlihat cantik dan berkelas. 

Namun dibalik kecantikannya, siapa yang menyangka ternyata terbuat dari kaleng bekas. Kaleng-kaleng bekas mampu diubah oleh Husnudin, warga Desa Lereng Gunung Menoreh, dusun Pogangan, Kabupaten Magelang menjadi sebuah produk kerajinan bernilai jual tinggi, yaitu mulai dari ratusan ribu rupiah jutaan rupiah.

kerajinan kaleng bekas
Awalnya Husnudin hanya coba-coba, namun berkat kegigihannya, dia akhirnya banting setir dari seorang sopir menjadi pengrajin kaleng bekas. Bahkan Husnudin mampu menjalankan bisnis rumahannya selama belasan tahun.

Butuh keahlian khusus untuk membuat produk kaleng bekas ini. Untuk membuat hiasan berbentuk burung, Husnudin memisahkan kaleng dengan penutupnya sehingga menjadi lembaran kaleng. Lembaran tersebut kemudian dipotong tipis-tipis sehingga berbentuk seperti bulu.

bisnis limbah kaleng
Lalu potongan kaleng yang berbentuk bulu tersebut dilubangi untuk dilekatkan pada patung kayu yang berbentuk burung, dan patung burung pun siap dipasarkan. Pesanan biasanya datang dari beberapa daerah dan mancanegara. Setidaknya ada 40 unit produk kaleng bekas yang di pesan setiap minggunya, beberapa diantaranya diekspor ke negara - negara di Eropa.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait