Pro Kontra Penghapusan 1 Dolar Kertas

Warga Amerika telah terbiasa dengan pecahan 1 dolar dalam bentuk kertas. Tetapi negara ini sebenarnya bisa berhemat bila pecahan yang sama menggunakan uang logam. Biaya produksi uang logam $1 memang lebih mahal, sekitar 17 sen, dibandingkan ongkos produksi uang kertas sebesar 5-6 sen. Tetapi uang logam mampu bertahan hingga 35 tahun dan terbuat dari logam daur ulang.

Uang kertas dibuat dari bahan baru dan ternyata 3 miliar uang kertas $1 dimusnahkan setiap tahunnya karena sudah usang.

satu dolar amerika
Organisasi Dollar Coins Alliance yang  dipimpin oleh seorang anggota kongres telah lama mengkampanyekan uang receh satu dolar menggantikan uang kertas $1 lama. Menurut sebuah penelitian lembaga terpisah, peralihan uang kertas ke logam bisa menghemat anggaran negara sebesar 52 triliun rupiah lebih dalam 35 tahun ke depan.

Kendala utama penggunaan uang logam 1 dolar yang dirasakan oleh warga Amerika adalah karena mereka sudah terbiasa dengan dolar $1 yang berbentuk kertas, apa lagi uang kertas 1 dolar bisa digunakan untuk uang tip, dan lebih mudah untuk dibawa ke dalam dompet atau saku. Sedangkan uang $1 yang berwujud logam terasa kurang praktis dan nyaman dibawa bepergian.

koin dolar
Meskipun demikian, menurut hasil survey sebuah lembaga riset, kini hampir 63% warga Amerika setuju dengan kebijakan peralihan penggunaan uang kertas $1 ke bentuk uang receh logam. Rencana kebijakan ini menimbulkan pro dan kontra bagi warga Amerika Serikat. Hal ini juga serupa dengan situasi yang pernah dialami oleh bangsa Inggris di era tahun 1980an, setelah pemerintah di sana menghentikan pembuatan uang kertas 1 poundsterling.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait