Potensi Bisnis Teknologi di Rusia

Rusia berharap pengembangan lebih banyak industri inovatif dalam negeri untuk diversifikasi dari perekonomian yang bergantung pada ekspor energi dan agar bisa bertahan dari guncangan masa depan. Pemerintah kota Moskow mengubah bekas sebuah pabrik mobil era Soviet menjadi Technopolis, yakni sebuah fasilitas teknologi yang menarik banyak perusahaan teknologi tinggi yang ingin masuk pasar Rusia. Menurut CEO Technopolis, Igor Inchanco, banyak perusahaan asing yang mengantre untuk berinvestasi.

"Sejujurnya, ini bukan hanya karena kami yang terbaik. Tapi kami adalah satu-satunya yang memiliki skala sebesar ini. Saya juga sangat yakin ini baru titik awal dari pengembangan solusi baru dalam hal zona teknis, zona ekonomi khusus, yang harus siap menyambut teknologi tinggi." ucap Igor yang dilansir dari VoA.

teknologi rusia
Selanjutnya Igor juga menambahkan bahwa jumlah perusahaan di Technopolis akan mencapai 50 pada tahun ini, yang artinya 2 kali lipat dari sekarang. Jumlah itu masih jauh dari yang diharapkan. Sanksi bangsa barat terhadap Rusia akibat masalah Ukraina telah menyebabkan sejumlah perusahaan mundur dari berinvestasi atau membuat usaha patungan. Seperti yang diungkapkan oleh Elina Beleskajha dari Holding Company Composit, perusahaan BUMN yang memproduksi material serat karbon.

"Saat berbicara dengan Dow Chemical dan Dow Aksa, kami berharap bisa mendapat akses ke industri mobil dunia, khususnya Ford Motor Company dari AS, karena perusahaan kami masih baru dan kami tidak bisa melakukannya sendiri."

pusat teknologi rusia

Masalah mendasar lainnya adalah termasuk mendapatkan bahan mentah untuk produksi dan mengembangkan pasar di Rusia. Dorongan pemerintah Rusia untuk pengembangan dan diversifikasi industri lokal membawa harapan bahwa itu dapat berubah.

Menurut Igor, ada rencana untuk membuka fasilitas taman industri yang lebih luas lagi dengan menggunakan manajemen Technopolis. Namun para pengelola Technopolis mengakui bahwa di tengah ketidakpastian ekonomi, maka insentif seperti air dan listrik gratis yang disediakan kota Moskow mungkin saja dikurangi apabila anggaran kota ini terus terganggu.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait