Persaingan Bisnis Teh di Indonesia

Menjadi teman di saat bersantai atau penghalang dahaga saat terik cuaca, teh telah menjadi salah satu minuman yang populer di Nusantara. Produsen teh asing pun ingin menikmati manisnya pasar teh di dalam negeri, salah satunya adalah Dilmah asal Sri Lanka yang sudah memasok teh ke Indonesia sejak 13 tahun.

Dalam delapan bulan terakhir, Dilmah sudah mengekspor teh senilai 3 juta dolar Amerika ke Indonesia. Selain menjual produk ritel, Dilmah membawa konsep "real high tea". Mereka juga membidik pasar - pasar khusus.

bisnis teh"Kami memiliki pasar dalam pelayanan makanan. Semua hotel ternama menggunakan Dilmah, suka memakai Dilmah karena teh yang berbeda. Semua merek teh yang dimiliki oleh para pedagang yang mengeksploitasi petani, produsen, dan konsumen. Namun, kami adalah para petani. Teh Dilmah, semua perkebunan dan fasilitas, semua diproduksi di pabrik kami. Dengan demikian, saat kita memasarkan Dilmah ke pasaran, itu adalah produk buatan tangan", ucap Merrill J Fernando (pendiri perusahaan Dilmah Tea), seperti yang dilansir dari Bloomberg TV Indonesia.

Data statista mencatat bahwa Sri Lanka menjadi eksportir terbesar ke tiga dunia, di bawah negara Kenya dan Tiongkok. Data eksportir teh utama dunia tahun 2013 menurut statista.com: Kenya (413.035 Metrik Ton), Tiongkok (332.416 MT), Sri Lanka (317.710 MT), India (209.000 MT), dan Indonesia (70.000 MT).

Indonesia menghadapi persaingan ketat dalam memperebutkan pangsa pasar teh. Posisi Indonesia terancam akan semakin tertinggal dalam bisnis teh karena nilai ekspor teh Indonesia selama Januari hingga September 2014 turun 14,14% dari periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi 102,9 juta dolar.

Lalu, seperti apakah konsep "real high tea" yang ditawarkan oleh produk teh Dilmah? Selain pilihan daun teh, cara meraciknya pun memiliki detail dan teknik tertentu. Misalnya saja, untuk menghasilkan teh hijau yang lebih pekat, air panas yang digunakan harus didiamkan selama tiga menit di dalam cangkir sebelum diseduh agar mendapat suhu air yang dianjurkan yakni 80 derajat celsius. Selain itu, ada cara unik pula dalam menghisapnya, yakni dua kali hisapan saat teh ada di dalam mulut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait