Kiat Memilih Warna Dasar untuk Logo Brand Bisnis

Warna menjadi salah satu elemen penting dalam pembuatan sebuah logo. Pemilihan warna dasar untuk desain logo harus didasarkan pada karakter bisnis yang anda jalankan. Tentu rasanya kurang menarik jika logo bisnis anda berwarna dasar pink, sementara usaha anda berhubungan dengan bidang maskulin (laki-laki). Oleh karena itu, anda harus memilih tipe warna yang paling tepat dengan karakter bisnis anda. Apa sajakah pilihan warna tersebut? Berikut akan dijelaskan uraiannya! Namun sebelumnya, anda bisa juga membaca artikel tentang Memilih Warna Logo Berdasarkan Ilmu Fengshui pada link ini!

Warna Merah
Warna merah cocok untuk desain logo bagi bisnis atau bidang usaha yang berkarakter 'hangat, penuh energi, dan agresif'. Contohnya adalah ESPN (Entertainment and Sports Programming Network) yang merupakan salah satu tv kabel olah raga pertama di dunia. Warna merah yang digunakan pada logo ESPN tersebut mencerminkan semangat yang penuh energi.

memilih warna dasar logo
Warna Biru
Warna ini mampu memberi kesan atau image integritas, profesionalisme, dan kemakmuran. IBM (International Business Machines Corporation) yang merupakan sebuah perusahaan di industri teknologi software dan hardware tersebut memilih warna biru karena merekfleksikan citra professional. Logo IBM ini dirancang pada tahun 1972 oleh Paul Rand.

Warna Hijau
Warna hijau menggambarkan karakter natural, etis, dan kemakmuran. Logo pada Animal Planet yang memakai warna dasar hijau menggambarkan tentang dunia alami.

Warna Merah Muda (Pink)
Warna pink sangat sesuai dengan karakter kelembutan dan perempuan. Bisnis yang bersifat feminim, kasih sayang, dan ketenangan cocok memakai warna dasar merah muda. Contohnya adalah logo pada Victoria's Secret yang merupakan sebuah perusahaan ritel di Amerika Serikat yang memasarkan pakaian dalam wanita.

Warna Kuning
Kuning mencerminkan karakter intelektual, optimisme, dan keceriaan. Brand Cheerios yang merupakan merek produk serial makanan, memilih warna dasar kuning untuk memberi kesan sarapan pagi yang menyenangkan.

Warna Orange
Warna orange merekfleksikan kesan komunikatif, sosial, dan petualangan. Logo perusahaan yang memakai warna orange adalah Timberland yang bergerak di bidang fashion, khususnya footwear.

Warna Ungu
Ungu atau purple memberi warna intuitif, kreatif, dan imajinatif. Brand yang cukup mencolok memakai warna ungu adalah Yahoo, sebuah perusahaan di bidang teknologi informasi. Yahoo berharap agar warna ungu yang digunakan mampu memberi kesan perusahaan yang kreatif dan penuh imajinasi.

Warna Hitam
Perusahaan teknologi dan media asal Jepang, Sony memilih warna hitam untuk merekfleksikan merek yang kuat, resmi, dan canggih.
(image: dailyinfographic.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait