Kenali Ciri Investasi Bodong Menurut OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghimbau masyarakat mewaspadai tawaran investasi dengan imbal hasil terlalu tinggi, sebab hal itu adalah salah satu ciri investasi bodong. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan iklan perusahaan investasi Mavrodi Mondial Moneybox atau Triple M ke Kementerian Komunikasi dan Informatika serta ke Komisi Penyiaran Indonesia. OJK menganggap iklan perusahaan itu berpotensi merugikan warga. 

Anggota dewan komisioner OJK, Kusumaningtuti meminta iklan tersebut dicabut dari stasiun televisi. Dikutip dari Berita Satu, dewan komisioner OJK tersebut menyatakan bahwa skema yang ditawarkan yaitu menggantungkan pendapatan pada orang berikutnya atau money game memiliki potensi kegagalan pembayaran yang tinggi.

Ia juga meminta masyarakat berhati hati terutama pada perusahaan yang menawarkan imbal hasil terlalu tinggi seperti MMM (triple M) yang di Indonesia dikenal dengan istilah Manusia Membantu Manusia.

Ada 5 pertimbangan OJK yang menyimpulkan perusahaan seperti triple M ini adalah perusahaan yang menawarkan investasi bodong, yaitu kegiatan ini menyerupai money game, tidak memiliki izin usaha dari instansi berwenang, dan tidak ada kejelasan bentuk badan hukum dan domisili. Perusahaan ini juga tidak memiliki struktur organisasi dan penanggung jawab kegiatan, server berasal dari luar negeri, serta OJK menerima ratusan pertanyaan maupun laporan mengenai MMM. OJK telah menerima 235 laporan yang mayoritas berasal dari Jawa Timur sejak 2013.

"Penghentian ini bisa terwujud, dengan sendirinya marketingnya tidak berhasil. Jadi, di satu pihak konsumen (masyarakat) kita terlindungi, di lain pihak dia (perusahaan MMM) tidak datang menjamur di Indonesia", ucap Kusumaningtuti kepada wartawan (08/04).

Namun di sisi lain, OJK mengaku tidak mampu memberi sanksi kepada triple M karena selama ini perusahaan investasi tersebut bergerak di bidang perdata, dimana badan hukum penanggungjawab ataupun bentuk kegiatan tidak terdata dengan baik.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait