Inovasi Terbaru Beli Tiket dari PT Kereta Api Indonesia

Penggunaan teknologi digital mulai dimanfaatkan sejumlah perusahaan dalam pengembangan bisnis mereka, salah satunya adalah PT Kereta Api Indonesia yang meluncurkan e-Kiosk, yakni mesin otomatis tempat calon penumpang kereta api yang ingin membeli tiket. Dengan memanfaatkan mesin ini, penumpang tak perlu mengantre panjang di loket tiket stasiun.

Sayangnya, fasilitas yang ditawarkan e-Kiosk ternyata masih mendapatkan kritikan dari beberapa pemakai kereta api karena masih belum cukup praktis.

mesin tiket kereta api e-kiosk
Mengantre panjang mungkin suatu hal yang paling menyebalkan saat akan membeli tiket kereta api. Berkaca pada kondisi tersebut, PT KAI pun menghadirkan e-Kiosk, mesin untuk membeli tiket yang kini bisa ditemukan di stasiun Gambir Jakarta Pusat. Saat membeli tiket dengan mesin ini, para calon penumpang tinggal memilih stasiun asal dan tujuan, kemudian menentukan kereta dan kelas gerbong, selanjutnya memasukkan identitas diri, memilih lokasi tempat duduk, dan membayar. Struk pembayaran tiket pun akan keluar secara otomatis dari mesin tersebut.

Diluncurkan pada hari senin lalu (April 2015), fasilitas pembelian tiket secara mandiri ini disambut baik oleh para pengguna kereta api. Penggunaan e-Kiosk akan mampu menghemat waktu, energi dan dana yang dihabiskan ke stasiun untuk membeli tiket hingga 75 persen. Apalagi dengan menggunakan mesin yang diproduksi oleh Finnet, yang merupakan anak perusahaan PT Telkom, penumpang bisa membayar dengan pecahan 2000 hingga 100 ribu rupiah.

Namun pembelian sekarang hanya bisa dilakukan secara tunai dengan memakai jumlah uang yang pas, karena mesin belum bisa mengembalikan uang. Salah seorang penumpang berharap, nantinya mesin e-Kiosk tersebut punya fasilitas pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan debit.

PT Kereta Api Indonesia menjanjikan mesin e-Kiosk akan bisa melayani pembelian tiket secara kredit dan debit dalam waktu dekat. Tiket pun akan langsung didapat di mesin tanpa harus menukar stroke. Tidak hanya itu, sebelum mudik dan hari raya Idul Fitri tiba, PT KAI akan menambah sedikitnya 30 e-Kiosk di seluruh stasiun kereta api utama tanah air dan sejumlah mall besar di pulau Jawa.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait