Inovasi Ekstrak Kulit Manggis untuk Masker Wajah

Berawal dari keprihatinan terhadap kulit manggis yang dibuang begitu saja menjadi sampah, membuat mahasiswi yang bernama Yuvita Rosary dan Rusdwi Cahyani dari Fakultas Farmasi, di Universitas Kristen Widya Mandala Surabaya, menciptakan inovasi dengan memanfaatkan ekstrak kulit buah manggis menjadi bahan masker peel-off.

Sebelum diolah menjadi produk perawatan, Yovita melakukan proses dasar, yakni dimulai dari pengeringan, kemudian kulit manggis tersebut dipotong kecil-kecil, lalu proses penghalusan dengan memakai blender, dan selanjutnya direndam dengan air atau yang disebut dengan maserasi. Tujuannya mengeluarkan senyawa aktif dari kulit manggis yang larut dari perendaman.

ekstrak kulit manggis
Selain ekstrak buah manggis yang dibuat menjadi bubuk, Yuvita juga menambahkan gliserin, propylene glycol, gliserin monostearat, asam stearat, tea, methyl paraben, dan aqua. Ekstrak kulit buah manggis mengandung senyawa anti oksidan tinggi sehingga dapat memberikan efek positif bagi kulit wajah.

Meski menggunakan bahan pengental gliserin pada masker ekstrak kulit manggis tersebut, tetapi dipastikan aman untuk digunakan pada kulit manusia. Selain uji laboratorium, produk ini juga sudah melalui simulasi pengujian dari BPOM yang diberikan oleh fakultas.

"Prinsipnya, kita dari Widya Mandala, fakultas farmasi itu membekali anak-anak dari tugas akhir skripsi mereka diupayakan untuk berinovasi secara maksimal, contohnya di kulit manggis ini, dari limbah dicoba diubah menjadi masker dengan harapan formula yang sudah diujicobakan, dapat menjadi modal bagi dia (mahasiswa) dalam berwirausaha," terang Farida Lanawati, sang dosen pembimbing di Universitas Widya Mandala.

Untuk sementara, penggunaan produk ini masih diujikan pada kulit selain wajah. Namun, bila sudah mendapat rekomendasi dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM), produk ini bisa digunakan pada wajah. Bentuk produk yang berupa peel-off dipilih karena efeknya dapat mengencangkan sekaligus meregenerasi kulit. Selain itu, sel-sel kulit mati akan terangkat saat masker dikelupas. Demikianlah inovasi memanfaatkan limbah kulit buah manggis.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait