Inilah Kantor Kerja Paling Membahagiakan di Dunia

Siapa yang tak kenal google? Diluncurkan 16 tahun lalu, Google kini menjadi mesin pencari nomor satu dunia. Selain menghadirkan produk-produk berteknologi canggih, hal yang paling menarik dari perusahaan yang berbasis di Amerika ini adalah sistem dan budaya kerjanya. Di kantor Google, semua ditata secara kreatif, budaya kerja yang kolaboratif, dan bekerja layaknya seperti di rumah sendiri. Hal ini membuat banyak angkatan kerja ingin bekerja di Google. Dan pada tahun lalu, Google dinobatkan sebagai tempat kerja yang paling membahagiakan di dunia.

Di Indonesia sendiri, Google telah membuka kantor cabangnya. Dan ternyata desain ruang kantor tersebut ditata dengan gaya khas Indonesia. Di kantor Google, anda bisa bekerja dengan serius tanpa harus menggunakan busana-busana yang serius, seperti memakai jas dan dasi.

ruang kerja kantor google
Seorang karyawan Google bermain bola biliard di sudut ruang kerjanya
Menurut pengakuan Rudy Ramawy yang merupakan Country Director Google Indonesia, dalam mendesain ruangan, pihak kantor pusat Google menyerahkan sepenuhnya ke masing-masing cabang. Desain interior kantor Google di Indonesia dipenuhi oleh media - media kaca yang berhiaskan grafis-grafis tentang Indonesia, mulai dari pesona batik, tokoh pewayangan, grafis tukang bakso, dan sebagainya. Nama - nama setiap ruangannya pun diberi cita rasa khas Indonesia, seperti ruang meeting "Merdeka!", "Gudang Rezeki", ruang "Pangkalan Ojek", dan sejenisnya. Desain kantor Google bisa disesuaikan dengan budaya lokal, tapi atmosfer yang dibangun harus serupa dengan apa yang menjadi kaidah dasar budaya kerja yang diterapkan Google, yakni menciptakan suasana yang penuh kolaboratif dan penuh kreativitas. Tempat kerja yang modern tidak hanya duduk di belakang meja, tetapi juga harus bisa mengakrabkan orang-orang di dalamnya. 

Berdiri pada tahun 1998, Google membuka kantor pertama sekaligus yang terbesar di kota kecil Mountain View, San Francisco. Dan kini telah berkembang pesat dengan 84 kantor di lebih dari 40 negara. Google juga dikenal memiliki budaya kerja yang tidak biasa. Salah satu unsurnya adalah makanan. Para karyawan diberikan fasilitas makanan yang komplit, beragam, dan bergizi sehingga semakin membuat nyaman dalam bekerja. Dengan budaya kerja unik tersebut, tahun 2014 Google menjadi perusahaan terbaik di dunia versi Majalah Fortune, dan hal itu adalah untuk yang ke lima kalinya. Selain itu, Google juga masuk sebagai perusahaan yang paling menyenangkan untuk bekerja versi Majalah Forbes. 

Setiap tahunnya, ada lebih dari 2 juta orang yang bersaing untuk bisa bekerja menjadi bagian dari Google. Sebuah situs lowongan kerja internasional merangkum beberapa langkah untuk bisa bekerja di Google, dan ternyata tak hanya kecerdasan intelektual yang diperhatikan. Google memastikan tiap calon pekerjanya tak hanya mengejar gaji besar, tapi juga bisa mewujudkan misi besar perusahaan. Don't Be Evil atau "Jangan Menjadi Jahat" adalah moto perusahaan Google yang tetap dipegang hingga sekarang. Google menunjukkan cara sebenarnya sederhana untuk menjadi perusahaan kelas dunia, yaitu memanusiakan para pekerjanya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait