Daftar Gaji Para Presiden Dunia

Untuk memperoleh gaji yang besar, ada dua jenis pekerjaan yang bisa kita lakukan, yakni menjadi pimpinan (CEO) pada sebuah perusahaan internasional atau menjadi pimpinan di sebuah negara. Sebagai seorang kepala negara ataupun kepala pemerintahan yang memikul tanggung jawab besar, tentu harus diganjar dengan imbalan (gaji) yang pantas. Lalu, negara mana yang memberikan jumlah gaji tertinggi bagi pemimpin negaranya? Dikutip dari CNN, inilah urutan penghasilan tertinggi yang diterima seorang kepala negara di berbagai negara di dunia.

1. Presiden Amerika
presiden gaji tertinggi
Presiden Amerika saat ini, Barack Obama menerima penghasilan sebagai kepala negara sebesar US$ 400.000 per tahun, jika dirupiahkan sekitar Rp 4.800.000.000 (4,8 miliar rupiah). Jumlah itu ternyata dua kali dari pendapatan yang dikantongi oleh George W. Bush pada tahun 2001. Hal istimewa yang juga diterima oleh Barack Obama sebagai seorang presiden adalah kebebasan dari pungutan pajak sebesar $50.000. Sebagai sebuah negara maju dan besar, pantaslah jika presidennya diberi gaji tertinggi di dunia.

2. Perdana Menteri Kanada
Di posisi ke dua kepala pemerintahan yang menerima gaji terbesar di dunia adalah Perdana Menteri Kanada, Stephen Harper, yakni sebesar US $ 260.000 atau sekitar 3,12 miliar rupiah per tahun. Sebagai negara maju di kawasan Amerika Utara dengan potensi alam yang melimpah, tentu bukan hal sulit untuk memberi gaji yang tinggi untuk para pimpinannya.

3. Kanselir Jerman
Kepala pemerintahan Jerman dipimpin oleh seorang kanselir yang saat ini dijabat oleh Angela Marker. Wanita yang lahir tahun 1954 tersebut diberi gaji oleh negaranya sebesar US $234.400 atau kurang lebih 2,8 miliar rupiah per tahun. Pada bulan Maret 2015 lalu, sang kanselir menerima kenaikan gaji sebesar 2,2%.

4. Presiden Afrika Selatan
Salah satu negara maju di kawasan benua Afrika adalah Republik Afrika Selatan, yang saat ini dipimpin oleh Presiden Jacob Zuma. Pria yang diangkat sebagai presiden tahun 2009 ini menerima penghasilan sebesar 223.500 dolar Amerika atau sekitar 2,7 miliar rupiah dalam setahun. Meskipun negara ini belum sepenuhnya menjadi negara maju, namun negara ini berani memberikan gaji yang tinggi bagi pemimpinnya.

5. Perdana Menteri Inggris
Kepala pemerintahan negeri Ratu Elizabeth ini dipimpin oleh seorang perdana menteri yang saat ini dijabat oleh David Cameron. Lelaki yang mulia diangkat pada tahun 2010 tersebut diberi penghasilan sebesar US $214.800 per tahun atau kurang lebih 2,6 miliar rupiah. Itu termasuk gajinya sebagai anggota parlemen sebesar 67.060 Euro.

6. Perdana Menteri Jepang
Shinzo Abe adalah Perdana Menteri Jepang yang menjabat sejak tahun 2012. Sebagai sebuah negara maju di kawasan Asia, Jepang memberikan penghasilan sekitar 202.700 dolar Amerika per tahun yang setara dengan 2,5 miliar rupiah untuk kurs saat ini. Gaji tersebut menduduki peringkat ke enam dari daftar ini.

7. Presiden Prancis
Presiden Prancis saat ini memperoleh penghasilan sebesar US $194.300 atau sekitar 2,3 miliar rupiah dalam setahun. Namun, jika seandainya pada tahun 2012 lalu, sang presiden yang dijabat oleh Fran├žois Holland tidak memotong gajinya sendiri sebesar 30%, maka sejatinya jumlah gajinya berada di urutan ke dua di bawah Barack Obama, sebesar $274.500. Namun kini ia hanya menerima gaji sebesar $194.300 untuk menyesuaikan resesi ekonomi yang pernah dan diprediksi akan kembali mengancam negara-negara Eropa.

8. Presiden Rusia
Di rangking ke delapan gaji tertinggi yang diterima para pemimpin negara adalah presiden Rusia yang bernama Vladimir Putin. Presiden Rusia ini memperoleh pendapatan sebesar 136.000 dolar Amerika per tahun atau lebih kurang 1,6 miliar rupiah. Mengingat saat ini negara pecahan Uni Soviet tersebut tengah menghadapi krisis politik dan ekonomi, maka pada bulan ini, sang presiden memutuskan untuk memotong gajinya sebesar 10%.

9. Perdana Menteri Italia
Kepala pemerintahan negeri Pizza yang saat ini dipimpin oleh Matteo Renzi diberi gaji sebesar 124.600 dolar amerika per tahun, setara dengan 1,5 miliar rupiah. Sebagai negara maju, tentu Italia mampu memberikan gaji tinggi untuk pemimpinnya.

10. Presiden Brazil
Meskipun tergolong negara yang berkembang, negeri Samba ini mampu menggaji presidennya sebesar 120.000 dolar Amerika per tahun. Dengan gaji sebesar 1,4 miliar rupiah tersebut, presiden Brasil yang saat ini dijabat oleh Dilma Rouseff masuk dalam daftar 10 besar penerima penghasilan tertinggi di dunia.

Selanjutnya yang kita lihat adalah negara India dan China. Negara India memberikan gaji pokok kepada perdana menterinya yang saat ini dijabat oleh Narendra Modi sebesar US $30.300 per tahun. Negara China yang kini roda perekonomiannya tengah berada pada kinerja terbaik, bukan berarti presidennya akan menerima gaji yang paling tinggi di dunia. Sang Presiden, Xi Jinping menerima gaji sebesar 22.000 dolar Amerika per tahun, dan itupun setelah ada kenaikan gaji sebesar 60% pada tahun lalu.

Demikianlah sekilas deskripsi tentang daftar gaji yang diterima oleh para pucuk pimpinan negara-negara di dunia. Jumlah gaji di atas hanyalah hitungan kasar yang biasanya tidak termasuk dengan penghasilan lain-lain sebagai presiden ataupun perdana menteri.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait