Cara Lego Kembali Sukses di Bisnis Mainan

Berawal dari Denmark tahun 1932, Lego kini menjadi produsen mainan terlaris di dunia. Mainan konstruksinya pun kini dijual di lebih dari 140 negara. "Anak-anak secara alamiah ingin merakit barang. Ini tren yang sedang meningkat dan baik bagi kami untuk salurkan kreativitas dan daya imajinasi anak", ucap salah satu pekerja di Lego.

Penjualan Lego di seluruh dunia tahun ini naik 15 persen dan naik double digit di pasar - pasar utama, yakni di Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Tiongkok.  Selama berpuluh - puluh tahun berbisnis mainan,

bisnis mainan lego
Lego memang tidak sepenuhnya sukses. Perusahaan ini bahkan sekitar 10 tahun lalu hampir pailit, namun bangkit kembali antara lain berkat berbagai mainan yang dikaitkan dengan film - film terbaru di bioskop. Banyak produk Lego yang terkait dengan industri film. "Kami senang produk - produk inti kami penjualannya terus meningkat. Lego City,  Lego Friends, Lego Star Wars", kata pimpinan marketing Lego yang dikutip dari Bloomberg.

Selain itu penjualan Lego juga terdongkrak oleh The Lego Movie yang sukses secara artistik maupun di box office. Peningkatan tahun ini adalah berkat film Lego. Perusahaan mainan ini terus berinovasi 10 tahun terakhir. Film itulah yang paling berandil. Bahkan ada rumor akan ada sekuelnya.

Menurut analis, produsen mainan konvensional seperti Lego tidak perlu merasa khawatir dengan persaingan dari barang elektronik dan justru memanfaatkan teknologi. Menurut salah seorang pemerhati hati anak di Amerika, "Anak-anak selama 7 jam sehari menatap layar komputer, yang justru membuat anak amat tertarik dengan tokoh-tokoh yang mereka gemari. Mereka jadi ingin beli mainannya untuk interaksi fisik".

Lego pun menjembatani antara mainan klasik dengan kemajuan dunia digital melalui berbagai aplikasi untuk mobile gadget, seperti smartphone dan tablet.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait