8 Sikap yang Dimiliki Salesman Hebat

Jika anda ingin menjadi salesman yang hebat, maka pastikan anda mempunyai sikap-sikap berikut:

#1. Salesman hebat perlu memiliki keyakinan diri yang tinggi
Pada umumnya, konsumen akan merasa selalu nyaman dengan penjual yang berkeyakinan tinggi dan tahu apa yang dia lakukan. Tapi jangan pula disalahartikan dengan sombong. Kadangkala sombong dengan keyakinan yang tinggi sering kali berbeda tipis. Jadi harus selalu berhati-hati. Jika anda tak mempunyai keyakinan jangan harap akan mampu meyakinkan orang lain, khususnya yang terkait dengan produk yang anda tawarkan.

#2. Salesman hebat harus sanggup mempertahankan pendiriannya
salesman hebatSikap ini harus ada pada seorang salesman. Bayangkan jika ada masalah yang ditimbulkan oleh pelanggan terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan, jika anda menerimanya dengan hanya tersenyum dan tak ada reaksi mempertahankan atau memperbaiki situasi, maka agak sulit untuk menggapai kesuksesan.

#3. Salesman hebat harus tahan banting dan tabah
Jika Anda pernah terjun ke aktivitas penjualan, tentu anda sudah tahu betapa sulitnya profesi ini. Jika kita bertemu dengan 100 orang untuk menawarkan sesuatu produk atau layanan, untuk mendapatkan seorang sebagai calon konsumen adalah sesuatu yang belum pasti. Jadi jika tak tahan banting dan tabah menerima tolakan demi tolakan, maka anda akan sulit mencapai kesuksesan. 

#4. Salesman hebat harus ambisius
Apakah Anda tak pernah merasa terobsesi untuk mendapatkan penjualan sebanyak mungkin (sepuluh ribu atau sejuta). Jika anda merasa bahwa jumlah penjualan 10 ribu dan 100 ribu sebagai hal yang sama, maka artinya Anda tak akan mampu mendorong omset penjualan anda.

#5. Salesman hebat harus suka berkompetisi
Seorang salesman yang hebat harus peka dan mengamati bagaimana kinerja rekan kerjanya. Dia akan saling berupaya melampaui prestasi orang lain atau paling tidak mempelajari teknik untuk mendapatkan hasil yang serupa. Paling tidak, dia harus suka bersaing dengan pencapaiannya sendiri. Dia harus berambisi agar hasil hari ini lebih baik dari hasil kemarin.

#6. Salesman hebat umumnya memiliki cita rasa yang tinggi
Biasanya orang yang sering berpatokan di atas standar akan bekerja dengan detail. Demikian juga seorang salesman yang memiliki cita rasa tinggi dalam hal apa saja, cenderung akan bekerja dengan rinci dan teliti mengerjakan semuanya agar aktivitas penjualannya berhasil seoptimal mungkin.

#7. Salesman hebat harus matang (dewasa)
Bayangkan bila seorang pelanggan mengkritik dan marah-marah ketika kita berusaha menawarkan penjualan. Jika kita ternyata juga sebaliknya sama emosional, atau bahkan dua kali lipat dari pelanggan, maka sampai kapanpun tak ada orang yang akan respek terhadap kita, apalagi dalam urusan bisnis. Oleh sebab itu, penjual harus selalu bersikap relaks, luwes, dan tenang dalam menghadapi beragam macam situasi.

#8. Salesman hebat selalu peka terhadap kesan pertama
Seorang salesman yang hebat senantiasa memperhatikan penampilannya sebagai gerbang pembuka untuk menarik minat calon pembeli. Penampilan tersebut menyangkut berbagai hal, mulai dari pakaian, gaya bicara, hingga sikap bergaul.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait