10 Macam Karakter Karyawan yang Banyak Dicari Perusahaan

Selain kompetensi, saat ini banyak perusahaan dan tim recruitment tenaga kerja yang lebih mementingkan karakter atau kepribadian calon pekerja ketimbang kecerdasannya. Karakter seseorang merupakan elemen penting dalam melakoni sebuah bidang pekerjaan dalam suatu organisasi. Apapun jenis pekerjaannya, ternyata ada beberapa tipe kepribadian yang selalu dibutuhkan dan diinginkan perusahaan sehingga dapat saling melengkapi. Apa sajakah tipe karakter yang sering dicari perusahaan?

1. Berani Tampil Beda
Orang yang senantiasa berani tampil beda umumnya mempunyai segudang kreativitas dan inovasi, serta kepercayaan diri tinggi. Ketiga hal itu ternyata merupakan sebuah amunisi yang dapat mengembangkan perusahaan lebih besar. Memilih dan mempekerjakan orang-orang yang selalu mengikuti arus (tidak berani tampil beda) memang terlihat baik, tapi hal negatifnya adalah akan menghambat pertumbuhan perusahaan.

2. Memiliki Visi yang Jelas
karakter karyawanBukan pimpinan perusahaan saja yang wajib berkarakter visioner. Karayawan yang bertipikal seperti ini dapat memajukan sebuah organisasi. Pekerja yang memiliki visi yang jelas biasanya pandai menyusun strategi dan punya sikap yang jelas.

3. Terorganisir
Orang dengan karakter seperti ini senang dengan hal-hal yang rapi dan hidup teratur. Karakter ini dalam sebuah perusahaan cukup penting karena mereka biasanya mampu menyusun dan mengerjakan tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Mereka cenderung memiliki tanggung jawab yang besar dan tidak main-main untuk mengaplikasikan setiap perencanaan yang dibuat.

4. Pintar dalam Melobi
Dalam hal pemasaran dan kerjasama bisnis, kemampuan bernegosiasi menjadi amat penting. Orang yang pandai dalam hal negosiasi dan lobi umumnya berkarakter ramah, pandai bergaul, hangat, supel, tegas, dan berani mengambil resiko. Dalam dunia kerja, orang seperti ini sangat diperlukan untuk memperkuat posisi pemasaran.

5. Serba Bisa (Multi Tasker)
Satu orang mampu melakukan berbagai bidang tugas. Ini adalah karakter yang sangat menguntungkan perusahaan, apalagi jika termasuk perusahaan kecil dan baru berdiri yang masih minim modal. Mereka membutuhkan orang-orang yang mau bersedia untuk keluar dari perannya dan melakukan apapun yang diperlukan untuk menjalankan roda perusahaan.

6. Berani Mengambil Keputusan
Ternyata karakter ini tidak hanya untuk para atasan atau pimpinan saja, tapi juga wajib dimiliki oleh semua posisi karyawan. Orang dengan kepribadian seperti itu cenderung memiliki kepribadian yang kuat dan daya tarik yang besar.

7. Disiplin dan Pekerja Keras
Orang yang sukses adalah mereka yang hidup disiplin dan bekerja keras serta pantang berputus asa. Perusahaan yang sebagian besar karyawannya bermental pekerja keras dan disiplin adalah calon perusahaan yang besar dan tangguh.

8. Bersikap Hati-hati
Hati-hati bukan berarti ragu atau tidak berani mengambi keputusan. Orang yang berkarakter hati-hati dan teliti dapat menjadi penyeimbang dalam perusahaan karena mereka akan memperhitungkan segala kemungkinan dan risiko.

9. Berorientasi Melayani
'Pelanggan adalah Raja' adalah sebuah pepatah lama yang akan berlangsung sepanjang zaman, dan itu harus dipegang teguh oleh karyawan.  Perusahaan tidak membutuhkan pekerja yang bersifat angkuh, sombong, dan individualis melainkan yang memiliki jiwa ‘melayani’ (services), apalagi jika usahanya bergerak di bidang jasa.

10. Mampu Bekerja dalam Tim
Perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang dapat bekerja sama secara kompak, bukan yang ingin tampil sendiri-sendiri, karena kesuksesan sebuah perusahaan sangat bergantung pada kekompakan dan kesamaan visi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait