Trend Bisnis Baju Stereotip Jender

Bella adalah seorang anak perempuan yang berusia 6 tahun senang bermain lego. Katanya, ia suka barbie dan dinosaurus, bajunya pun bergambar dinosaurus kegemarannya. Sementara itu temannya Merly mengenakan baju bermotif karakter crime. Kedua baju tersebut merupakan hasil produksi dari Princess Awesome yang merupakan sebuah butik yang menampilkan desain yang selama ini dimonopoli oleh pakaian anak lelaki.

"Anak perempuan yang memakai gaun bergambar sains menunjukkan pada dunia bahwa ia tertarik pada bidang tersebut. Bisa saja ia suka hal feminim, tapi ia juga suka sains. Artinya sains boleh saja untuk anak perempuan maupun laki laki". Itulah pendapat seorang ibu di Amerika yang tengah membelikan baju untuk putrinya.

bisnis baju stereotip jender
Ide bisnis ini kemudian dimanfaatkan oleh seorang ibu rumah tangga yang juga sebagai tenaga pengajar di Amerika Serikat yang bernama Rebecca Melsky. Dia memulai bisnis ini dua tahun lalu. Saat itu, putrinya sangat suka memakai rok terusan tapi juga sangat senang dengan hal hal yang digemari oleh anak laki laki seperti roket, robot, dan truk, sehingga ia terpaksa membelikan piyama dan kaos laki laki.

"Di toko pakaian saya berpikir, kenapa rok anak perempuan tidak ada yang bermotif robot atau dinosaurus, anak saya pasti suka! Kok tak ada yang buat? Atau saya saja?" tutur Rebecca mengungkapkan pengalamannya.

Rebecca Melsky kemudian mengajak temannya Eva St Clair untuk bekerjasama menjahit pakaian anak perempuan di akhir pekan dengan rancangan truk, pesawat, bajak laut, robot, alien, atom dan bahkan gaun bermotif karya seni monei dan fango. Setelah sukses di bazar setempat mereka lalu meneruskannya lewat toko online.

"Begitu laris sampai kami kelabakan. Akhirnya kami putuskan masuk pabrik" terang Rebecca.

Melalui situs pendanaan gotong royong Kick Stater, mereka mendapatkan modal 35.000 dolar atau lebih dari 450 juta rupiah. Mereka berharap dapat mengembangkan Princess Awesome menjadi merek pakaian yang tidak bias jender bagi perempuan semua umur. Merek pakaian seperti Princess Awesome  merupakan bagian dari gerakan lebih luas yang bertujuan mendobrak stereotip gender. Kini makin banyak produsen Amerika yang menawarkan pilihan pakaian dan mainan anak perempuan yang menampilkan hal seperti sains, konstruksi, dan transportasi. Hal ini diharapkan dapat memicu anak perempuan berminat dalam bidang yang selama ini di monopoli oleh anak lelaki.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait