Tips Sukses Interview Via Telepon

Saat ini, wawancara lamaran kerja via telepon sudah menjadi hal yang umum dalam penjaringan tenaga kerja baru. Banyak perusahaan yang melakukan interview lewat telepon untuk merekrut karyawan baru. Nah, jika anda akan mengajukan lamaran kerja pada sebuah perusahaan yang memiliki sistem seperti itu, maka anda harus memiliki persiapan khusus agar bisa lolos dan melanjutkan ke tahap selanjutnya. Berikut disajikan 7 tips sukses dalam menghadapi interview via telepon.

1. Harus Serius
Sama seperti tes wawancara kerja biasa, interview melalui saluran telepon juga harus dilakukan secara serius, meskipun anda tidak bertatap muka langsung dengan calon atasan anda. Jika anda tidak memberi kesan yang baik, maka anda tidak akan mendapatkan tiket ke jenjang selanjutnya.

2. Tingkatkan Wawasan Anda
wawancara teleponSebelum saatnya tiba, cobalah untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya, khususnya yang berkaitan dengan profesi yang anda incar, tentang perusahaan tempat anda mengajukan lamaran, tentang jenis bisnis yang dijalankan perusahaan, dan hal terkait lainnya. Dengan memiliki wawasan lebih, ini akan menjadi nilai plus untuk anda.

3. Cari Tempat yang Sepi
Ketika ponsel anda berdering dan mereka menghubungi anda, segeralah mencari tempat yang sepi. Hindari lokasi keramaian yang mungkin akan mengganggu proses interview tersebut.

4. Perhatikan Kondisi Baterai Handphone Anda
Biasanya pihak perusahaan akan memberi tahu anda waktu untuk melakukan tes wawancara. Oleh karena itu, jangan sampai masalah teknis, misalnya "low bat" menjadi penghalang kesuksesan anda.

5. Biarkan Bahasa Tubuh Mengiringi Percakapan Anda
Saat melakukan percakapan, biarkan posisi tubuh anda mencari posisi ternyaman. Banyak orang yang merasa lebih santai jika bertelepon sambil berdiri dan mengekspresikan dirinya dengan bahasa tubuh lewat tangannya.

6. Jangan Terlalu Banyak Bicara
Rasa gugup saat wawancara via telepon mungkin terasa lebih sedikit jika dibandingkan wawancara dengan berhadapan secara langsung. Hal ini ternyata sering membuat calon pekerja menjadi kebablasan dalam mengungkapkan jawabannya (terlalu banyak bicara). Tetap berhati-hati, dan jawab sesuai poin-poin yang ditanyakan.

7. Siapkan Buku Catatan (Note)
Bawalah buku catatan dan alat tulis saat melakukan tes wawancara. Hal ini berguna untuk menulis hal-hal yang dianggap perlu.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait