Strategi Sukses Membangun Usaha Rumahan

Mendirikan usaha rumahan dilatarbelakangi oleh beragam faktor, salah satu diantaranya adalah keterbatasan modal, sehingga kita terpaksa harus menggunakan bagian dari rumah atau pekarangan tempat tinggal kita untuk urusan bisnis, misalnya untuk bangunan toko, galeri, kantor, bengkel kerja, dan sebagainya. Menjalankan usaha skala rumahan memang memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Oleh sebab itu, kita harus berupaya menjalankan bisnis rumahan dengan cermat dan strategi yang tepat. Berikut sekilas deskripsinya!

1. Fokus pada satu produk bisnis
Bisnis skala rumahan memiliki banyak keterbatasan, diantaranya adalah modal dan lokasi tempat usaha. Oleh sebab itu, dalam memulai bisnis rumahan ada baiknya anda memfokuskan pada satu bidang usaha saja. Dengan demikian, Anda akan lebih bisa berkonsetrasi untuk membesarkan bisnis tersebut, mulai dari pemasaran, penciptaan inovasi, kreativitas, dan sebagainya.

2. Strategi untuk pemenuhan tenaga kerja
strategi usaha rumahanBagaimana caranya jika dalam menjalankan bisnis rumahan tersebut ternyata kita tidak mampu untuk membayar tenaga kerja? Jika itu adalah salah satu kendala yang anda hadapi dalam membangun bisnis rumahan, maka anda bisa memilih dua opsi solusi berikut ini. Yang pertama caranya adalah anda bekerja paruh waktu, kemudian menggunakan penghasilan anda untuk membayar upah tenaga kerja. Cara kedua adalah membuat sistem bagi hasil dengan pekerja anda, artinya anda tidak perlu memberi gaji bulanan. Mereka akan mendapatkan uang jika ada transaksi dari usaha anda.

3. Gunakan pemasaran yang murah meriah
Dalam melakukan bisnis rumahan, Anda harus benar-benar fokus pada pemasaran, apa lagi jika tempat usaha anda kurang strategis. Namun, kendala utamanya terletak pada keterbatasan modal. Oleh karena itu, pilihlah marketing yang berbiaya murah, misalnya dengan menggunakan brosur, pemasaran dari mulut ke mulut, promosi lewat jejaring sosial, dan juga memanfaatkan media internet. 

4. Tawarkan produk tambahan atau pelengkap
Ketika anda telah berhasil membangun bisnis rumahan dengan omset yang bagus, maka strategi berikutnya adalah mulai memikirkan untuk melebarkan sayap bisnis anda.

Salah satu caranya adalah dengan membuat produk tambahan atau pelengkap yang bisa mendukung produk inti anda. Para konsumen pun akan memiliki banyak pilihan untuk membeli produk usaha anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait