Mengintip Laba Bisnis Liga Sepak Bola Dunia

Para penggemar bola tentunya tidak akan mau melewatkan ketika tim mereka mengganti jersey dengan sponsor baru di seragamnya. Ini menjadi salah satu yang dilihat oleh sponsor - sponsor besar. Mereka ikhlas untuk mengeluarkan dana yang cukup besar agar bisa menempelkan nama sponsornya di tim yang merupakan tim besar. 

Hal tersebut membuat kenaikan yang cukup tinggi yakni sebesar 24 persen dari musim lalu ke musim saat ini. Tim mana sajakah yang meraup untung yang cukup besar dalam pergantian jersey ini?

bisnis sepak bola
Untuk nilai sponsor dari musim 2013/2014 adalah sekitar 522 juta euro dan untuk musim ini 2014-2015 naik menjadi 687 juta euro atau sekitar 10 triliun rupiah. Ada enam tim yang mendapatkan untung cukup besar, yaitu yang paling besar adalah Liga Primer Inggris, lalu ada Liga Italia, Liga Prancis, Liga Spanyol, dan juga Liga Belanda 'Era Divisi. Tapi yang paling besar memperoleh keuntungan adalah Liga Primer Inggris. 

liga primer inggris

Untuk pendapatan dari sponsor ada kenaikan hingga 63 persen dari Liga Primer Inggris, kemudian ada Bundesliga Jerman, dan ada Liga Spanyol yang naik sebesar 30 persen dibandingkan musim lalu.

Liga Inggris meraup sekitar 213 juta euro, naik 36 persen yang disponsori oleh General Motor. Hal ini membuat Manchester United semakin dekat selisihnya dengan Real Madrid yang baru saja menandatangani kontrak cukup besar dengan Emirates Airline sebesar 30 juta euro setiap tahunnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait