Memaksimalkan Tablet untuk Produktivitas Kerja Kantor

Komputer tablet menjadi salah satu bentuk baru sebuah perangkat mobile. Dengan layar yang lebih besar, gadget ini memiliki keunggulan tersendiri. Jika handphone hanya mampu melakukan kerja berupa pengiriman pesan teks singkat atau email, maka pada layar tablet memungkinkan untuk membuat dan berbagi video, atau menampilkan grafik warna-warni yang besar dan lengkap. Dengan memegang layar sentuh yang lebih besar akan memberikan pengalaman berbeda dalam interaksi manusia dan komputer. Cukup berbeda secara fundamental dibandingkan duduk di depan komputer dengan menggunakan mouse dan keyboard fisik.

Bagaimanakah caranya memaksimalkan kinerja komputer tablet tersebut untuk urusan kantor?

Manfaatkan Aplikasi Pembuat Catatan (Note)
komputer tablet kantorAda dua cara yang bagus untuk membuat dan menyimpan catatan (note) pada tablet Anda. Yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pencatat seperti Evernote atau OneNote. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak transkripsi untuk melakukan banyak pekerjaan, seperti Dragon Dictation. Catatan (notes) dalam bentuk digital cukup mudah untuk digunakan dan lebih cepat ketika kita ingin mencari dan menemukan catatan - catatan yang tersimpan. Tidak seperti catatan kertas, Anda dapat mencari kata-kata untuk menemukan arsip notes yang anda cari. Bahkan anda dapat menyimpannya di cloud dan membagikannya ke semua teman atau tim anda di mana saja berada dalam jangkauan internet.

Berbagi Isi Pekerjaan dan File
Anda dapat menggunakan WiFi untuk mentransfer file dari seberang ruangan atau dari satu kantor ke kantor lain. Dengan memanfaatkan fitur file sharing, akan membuatnya lebih mudah dan sesederhana drag-and-drop untuk memindahkan file Anda. Anda juga dapat memanfaatkan desktop sharing untuk melakukan presentasi online.

Gunakan sebagai Selingan Kerja
Dengan perangkat tablet yang kian canggih seperti iPad dari Apple dan Galaxy Tab milik Samsung dengan OS Android, anda dapat melakukan banyak tugas dalam waktu yang sama (multi tasking), misalnya mengetik tugas, bermain game, melihat jejaring sosial, mendengarkan musik, dan sebagainya. Studi telah menunjukkan itu bahwa adalah hal yang baik untuk mengambil istirahat sekali-sekali saat tengah bekerja.

Menggunakannya sebagai Mesin Fax
Sebuah tablet adalah perangkat yang bagus untuk urusan kantor, terutama ketika kita ingin membaca dan mengirim faks. Faks paperless bekerja dengan mengambil gambar dengan tablet dan mengirimkannya ke layanan faks internet. Entah itu melalui penyedia layanan VoIP atau layanan faks mandiri, dan juga fax dan aplikasi scanning yang tidak memerlukan langganan.

Tablet yang terkoneksi bahkan dapat mengirim file PDF dari mesin fax kertas. Dan tentu saja, layar yang lebih besar pada tablet membuatnya menjadi faksimili. Dengan tablet, anda tidak perlu menyipitkan mata seperti saat memakai ponsel.

Mengubahnya menjadi Perangkat Komunikasi Bisnis atau Telepon dengan VoIP
Hampir semua tablet dapat menjalankan software aplikasi yang sama, seperti yang ditemukan pada ponsel Anda. Ada hal lebih yang terdapat pada perangkat tablet, lebih dari sekedar berkomunikasi via Skype. Karena Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi pada saat yang bersamaan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait