Kisah Sukses Peternak Tikus Putih

Berawal dari rasa iseng membeli tikus putih untuk makanan ular peliharaannya, Andik Indarto, seorang warga kelurahan Prajurit Kulon, kota Mojokerto, menjadikan hewan tikus sebagai ladang bisnis dengan omset mencapai tujuh juta rupiah per bulannya. Bisnis ternak tikus yang ditekuninya sejak tahun 2008 lalu itu ternyata hanya bermodalkan seratus ribu saja. 

Tikus yang dibelinya beranak dan ia beranggapan dengan berbisnis ternak tikus putih tidak memandang musim. Pasalnya banyak penghobi dan pemelihara ular membutuhkan untuk makanan ularnya. Ia pun berinisiatif membuka usaha peternakan tikus putih.

ternak tikus putih
Bagi Andik Indarto, beternak tikus bukanlah hal yang sulit. Hal ini karena tikus merupakan hewan yang jarang terkena penyakit. Ternak tikus hanya memerlukan wadah plastik dan tutup dari kawat. Selain itu, agar hidup tikus terasa seperti pada habitat aslinya, maka di dasar wadah plastik perlu diberi sekam kayu untuk media penghangat.

Setiap ekor tikus yang diternakan oleh Pak Andik dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 2.000 - Rp 3.500 per ekor, tergantung besar dan kecil ukuran ternak tersebut. Untuk pemasaran saat ini, sudah tidak ada kendala karena ia telah memiliki pelanggan tetap yakni para pedagang tikus putih. Selain di Jawa Timur,  tikus-tikus ini juga dipasarkan di berbagai pulau seperti Medan (Sumatera Utara) dan Kalimantan. 

bisnis ternak tikus

"Yang paling utama adalah kebersihan kandang, seminggu sekali ganti sekamnya dengan yang baru. Selain itu, jangan sampai telat memberi makan, karena tikus juga bisa menjadi kanibal saat kelaparan", terang Andik menjelaskan cara merawat ternak tikus.

Kini, selain beternak tikus putih, lelaki yang merupakan lulusan manajemen ekonomi ini juga mengembangkan tikus aneka warna, seperti tikus warna emas dan loreng dengan cara kawin silang.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait