Ini yang Bisa Anda Pelajari dari Pendiri Facebook

Anda tentu sudah akrab dengan salah satu jejaring sosial terpopuler saat ini, yakni Facebook. Jumlah penggunanya di seluruh dunia mencapai lebih dari satu miliar orang, dan penduduk Indonesia yang aktif menggunakan Facebook ada lebih dari 60 juta orang. Sungguh sebuah angka pencapaian yang fantastis. Dibalik kesuksesan Facebook merajai sosial media adalah adanya sosok pria yang bernama Mark Zuckerberg. Ia adalah seorang pebisnis yang sangat cerdas, selalu berpikir dalam hal dekade, bukan hari, minggu, atau bulan. Jiwa visionernya telah berhasil membangun satu-satunya situs (perusahaan) yang pernah memiliki kesempatan untuk mencatat (atau setidaknya bersaing dengan) Google.

Apa yang membawanya ke titik keberhasilan saat ini, dan apa yang dapat dipelajari oleh para entrepreneur dari seorang Mark Zuckerberg? Berikut sekilas uraiannya!

facebook mark zuckerbergBerorientasi Jangka Panjang
Pelajaran utama yang bisa diambil dari Mark Zuckerberg bagi setiap pengusaha adalah memegang erat visi jangka panjang. Namun visi harus disesuaikan dari waktu ke waktu, agar tetap dalam stabilitas jangka panjang.

Memiliki Keyakinan Untuk Mewujudkan Mimpi Besar
Mark Zuckerberg mungkin tak menyangka akan memiliki anggota sebanyak 1 miliar orang, dan dari sana uang mengalir ke pundi-pundi perusahaannya. Namun, sejak mulai merintis jejaring sosial tersebut, ia telah memiliki keyakinan dan berani bermimpi besar. Bahkan saking optimisnya, ia berani keluar dari bangku kuliah untuk mewujudkan mimpi besarnya.

Visioner
Banyak pebisnis, analis dan jurnalis yang menyatakan bahwa pendiri Facebook tersebut adalah sosok yang visioner. Ia bahkan sering disamakan dengan Steve Jobs yang dahulu menahkodai Apple Inc. Orang yang berjiwa visioner adalah mereka yang tidak hanya mampu menciptakan visi, tetapi juga mampu menjual visi kepada orang lain dan memimpin orang-orang dalam perjalanan untuk mencapai visi tersebut.

Selalu Skeptis
Arti sebenarnya dari kata skeptis (skeptoi Yunani) adalah sikap yang selalu ingin mencari tahu. Dan tampaknya dari beragam inovasi yang dilakukan Mark terhadap perusahaanya, maka banyak orang percaya bahwa perusahaan Facebook memiliki potensi untuk mencapai hal-hal besar, yang masih sedang di luar jangkauan mereka. Para investor percaya pada potensi Facebook, yang bisa masih jauh melampaui apa yang telah dicapai saat ini, apalagi perusahaan ini dipandu oleh Mark Zuckerberg, yang sangat cerdas, dan orang agresif dalam bisnis.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait