Ini Sentra Bisnis Knalpot Motor di Indonesia

Selain sebagai sentra produsen bulu mata palsu, daerah Purbalingga (provinsi  Jawa Tengah) juga ternyata dikenal sebagai pusat penghasil produk otomotif knalpot terbesar di Indonesia. Dan kini knalpot-knalpot berkualitas asal Purbalingga tersebut berhasil menembus pangsa pasar internasional. Tidak hanya seluruh wilayah Indonesia yang dijajah oleh produk knalpot Purbalingga. Negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, India, dan bahkan di kawasan Eropa, seperti Prancis juga sudah mengenal knalpot produksi Purbalingga. 

Sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada para pengerajin dan pengusaha knalpot, Pemerintah Kabupaten Purbalingga pada tahun 2002 membangun sebuah patung berbentuk orang yang sedang menempa knalpot, sebagai penanda ikon atau mahkota kabupaten Purbalingga.

bisnis knalpot
Tidak hanya itu, pemerintah daerah setempat juga menyokong dana modal bagi para pelaku ukm di bidang pembuatan knalpot. Harga knalpot yang diproduksi untuk motor berkisar 100 ribu hingga 500 ribu rupiah. Sementara, harga knalpot untuk mobil dijual dengan harga 300 ribu hingga 800 ribu rupiah. 

maskot kota purbalingga
ikon Purbalingga
Harga tersebut bergantung dari variasi knalpot, warna, dan bentuk yang dipilih konsumen. Pemasaran produk ini juga dilakukan secara online. Omset rata-rata yang diperoleh oleh pengusaha knalpot di kota Purbalingga mencapai 1 miliar rupiah per bulan.

Dalam sehari, jumlah knalpot yang dapat diproduksi dapat mencapai 200 unit, yakni 50 unit knalpot mobil dan 150 unit knalpot sepeda motor.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait