Empat Jalan Menghasilkan Uang

Banyak orang yang bilang bahwa uang adalah salah satu bagian dari energi kehidupan. Dengan memiliki banyak uang, kita dapat memenuhi kebutuhan dasar dan juga memenuhi berbagai keinginan. Seperti kata pepatah lama, dengan banyak uang, orang akan dapat menguasai 3TA, yakni Harta, Tahta, dan Cinta. Lalu, apa saja cara yang bisa ditempuh untuk menghasilkan uang? Menurut referensi buku yang ditulis oleh Romo Dewo, ada empat cara memperoleh uang, yakni:

1. Bekerja dengan / kepada orang lain 
banyak uang
Cara yang paling mudah dan umum dilakukan orang untuk mendatangkan uang adalah dengan bekerja kepada orang lain. Profesi-profesi yang termasuk dalam kelompok ini diantaranya buruh, pegawai/karyawan, dan pembantu rumah tangga. Golongan ini bekerja sesuai dengan perintah atasan, dan hanya akan mendapatkan uang jika aktif bekerja. Jika tidak bekerja, mereka tidak akan mendapatkan uang atau gaji. Ini golongan active income yang pertama. 

2. Bekerja sendiri, atau memiliki pekerjaan sendiri  
Tak sedikit orang yang senang diperintah orang lain, atau ingin hidup secara berdikari. Mereka lebih memilih untuk bekerja dan menghasilkan duit atas kemauannya sendiri. Orang-orang yang termasuk kelompok ini contohnya adalah para penguasaha kecil, para pedagang, penyedia jasa, kaum profesional, dan dokter praktik. Golongan ini juga masuk kategori active income. Jika tidak bekerja, maka mereka tidak akan mendapatkan duit. 

3. Mempekerjakan orang lain atau memiliki system penghasil uang
Orang-orang pada golongan ini dapat menghasilkan uang tanpa harus terlibat langsung dalam hal operasionalnya. Termasuk golongan ini adalah para pengusaha besar, pemilik waralaba (franchisor), pebisnis internet, dan pebisnis jaringan seperti multi level marketing. Kelompok ini masuk kategori passive income, artinya mereka bisa menghasilkan uang tanpa perlu banyak terlibat dalam bisnis. Meskipun mereka sedang tidur, jalan-jalan, liburan, dan sebagainya, uang tetap masuk ke rekening mereka, karena para karyawan yang bekerja untuk mereka, atau sistemnya sudah bekerja untuk dirinya.

4. Menghasilkan uang dengan mempekerjakan uangnya
Mereka yang bisa mendatangkan uang dengan mempekerjakan uangnya adalah orang-orang yang brilian. Inilah golongan yang benar-benar termasuk passive income. Tidak perlu bekerja keras, merekrut karyawan yang banyak, dan sejenisnya untuk memperoleh penghasilan. Kelompok ini contohnya adalah penyedia jasa simpan pinjam, penanam modal, pemilik deposito, pemilik properti, pemutar uang, dan sejenisnya.

Demikian sekilas tentang cara menghasilkan uang. Sebagai manusia, kita hendaknya berusaha mengumpulkan uang yang mencukupi kebutuhan kita atau mencari uang yang banyak untuk kebaikan. Salam kerja & usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait