Cara Tidur Cerdas untuk Kinerja Berkualitas

Menjadi grogi, pemarah, wajah pucat dan lelah merupakan beberapa masalah kecil yang sering muncul akibat merasakan masalah tidur. Jadwal tidur yang tidak baik dapat berkontribusi untuk menuju resiko diabetes, stres, dan penyakit jantung. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis ataupun sebagai karyawan yang sering berhadapan dengan beban kerja yang berat, amatlah perlu untuk melewatkan malam dengan tidur yang berkualitas. Bagaimanakah cara mewujudkan aktivitas tidur yang berkualitas? Berikut sekilas deskripsinya!

Jauhkan Diri Anda dari Paparan Cahaya Gadget
Paparan cahaya biru dari perangkat seperti smartphone, tablet, TV dan laptop menyebabkan berkurangnya produksi melatonin, sebuah hormon natural yang diproduksi tubuh untuk mengatur jam tidur biologis manusia.

tidur berkualitasAwas Bunyi Suara Mendengkur Anda
Mendengkur bisa menjadi tanda dari Obstructive Sleep Apnea (OSA), suatu kondisi dimana dinding tenggorokan rileks dan sempit selama tidur, kondisi yang kurang normal pada aktivitas bernapas. Solusinya adalah kurang berat badan anda, kurangi mengonsumsi alkohol, dan tidur dengan posisi rebah menyamping.

Hindari Mabuk Menjelang Tidur Malam
Meskipun alkohol dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan tidur lebih dalam untuk sementara waktu, namun sejatinya hal itu mengurangi gerakan mata tertidur (rapid eye movement) yang sebenarnya adalah masa yang paling restoratif untuk kualitas tidur. Solusinya, jika anda sedang minum alkohol, minumlah satu jam sebelum tidur. Atau coba minum segelas susu hangat atau teh herbal sebagai gantinya.

Coba Ganti Kasur Anda
Mungkin kesulitan tidur yang anda hadapi selama ini disebabkan oleh kasur anda yang kurang cocok dengan tubuh anda. Ada orang yang nyaman dengan menggunakan kasur yang lembut dan empuk, ada pula yang lebih enak memakai kasur yang agak keras. Cobalah mintalah pendapat dan saran dari para ahli (experts) yang berpengalaman tentang bedrest.

Ubahlah Waktu Diet Anda
Beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan tertentu menjelang tidur dapat memberi efek negatif terhadap kualitas tidur anda. Cobalah mengkonsumsi makanan, seperti snack yang mengandung karbohidrat tinggi 1 jam sebelum tidur. Anda dapat juga menyantap makanan yang mengandung tryptophan, seperti yogurt, susu, telur, oats, pisang, kacang, dan tuna.

Tingkatkan Higienitas Tidur Anda
Higienis berarti berkaitan dengan kebersihan, mulai dari kebersihan diri, pakaian tidur, tempat tidur, selimut, hingga kebersihan kamar tidur. Dengan suasana yang bersih dan nyaman, Anda akan mampu meningkatkan ritme sirkadian, yakni denyutan di dalam diri (the body's internal clock).

Demikianlah cara-cara untuk meningkatkan kualitas tidur anda. Mulai dari penurunan berat badan hingga meningkatkan kesehatan mental. Dengan memperoleh masa tidur yang baik (sweet dreams time), maka vitalitas diri akan terjaga, sehingga pada gilirannya meningkatkan performa diri dan kinerja anda, baik sebagai seorang karyawan, pelajar, pengusaha, dan profesi lainnya

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait