Cara Meningkatkan Nilai Jual Rumah dengan Biaya Rendah

Bagi para pebisnis properti, salah satu cara untuk meningkatkan nilai jual sebuah rumah (bangunan) adalah dengan melakukan reparasi atau perbaikan, sehingga dapat memberi kesan yang layak dan menarik bagi para calon pembeli. Rumah yang terlihat bagus akan lebih mudah dipasarkan serta anda sebagai pelaku usaha juga berkesempatan memperoleh keuntungan lebih.

Namun, dalam mereparasi sebuah rumah harus dilakukan dengan cermat, sehingga perbaikan - perbaikan yang anda lakukan tidak menjadi sia-sia atau tidak mampu menambah nilai jualnya. Lalu bagian mana saja yang mesti perlu ditata ulang agar memberikan kesan yang menarik bagi calon pembeli? Menurut survey yang dilakukan oleh Tim Willingham terhadap 124 orang yang telah berpengalaman dalam bidang jual beli properti (expert), diketahui bahwa ada beberapa perbaikan yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan nilai jual sebuah rumah dengan modal biaya kurang dari $5.000, antara lain:

1. Cat Ulang
Dari 24 pebisnis yang disurvey, ada 11 orang yang menyarankan untuk melakukan pengecatan pada interior dan eksterior rumah. Jika memungkinkan ganti karpet atau lantai rumah tersebut dengan desain terkini. Gunakan perpaduan warna yang netral.

bisnis jual rumah properti

2. Perbaiki Ruang Dapur (Improving The Kitchen)
Ada 10 orang yang menyarankan untuk fokus pada perbaikan dapur. Dengan budget sebesar $ 5.000, Anda dapat mengganti wastafel dapur dengan yang modern, menggantikan meja, dan memperbarui kembali lemari dapur Anda dengan pintu dan veneer baru.

3. Percantik Landscape
Sebanyak lima orang experts menyarankan untuk mengeksplorasi keindahan landscape halaman rumah tersebut dengan berbagai tanaman cantik, hiasan pot, dan juga termasuk pintu pagar dan pintu depan. Keindahan landscape akan mempercantik suasana rumah sehingga berpeluang menarik calon pembeli.

4. Menata Kembali dan Menghapus Jejak Rumah yang Dulu
Tiga orang ahli menyatakan lebih baik menggunakan anggaran dana tersebut untuk menata kembali isi ruangan rumah dan mengganti segala perabotan yang dipakai oleh penghuni lama. Dengan dekikian, suasana rumah menjadi tampak baru dan jejak suasana penghuni lama tidak berbekas, sehingga membuat calon pembeli menjadi lebih bersemangat.

5. Perbaiki Kamar Mandi
Dua orang pebisnis yang disurvey menganjurkan menggunakan budget rersebut untuk mereparasi kamar mandi karena kamar mandi merupakan bagian rumah yang menjadi salah satu pusat perhatian calon pembeli. Jika kamar mandinya agak kotor, maka mereka cenderung enggan untuk membeli.

6. Mengganti Pintu
Dua orang menyarankan untuk mengganti dan memperbaiki bagian pintu, mulai dari daun pintu depan, pintu kamar, pintu garasi, dan juga daun jendela. Gantilah dengan model terbaru, sehingga dapat memberikan kesan rumah yang baru dan lebih modern.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait