Cara Isi SPT Pajak Melalui Aplikasi Handphone

Para pengguna smartphone, saat ini melalui ponsel ataupun tablet dengan sistem operasi android telah tersedia sebuah aplikasi untuk mengisi SPT atau surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan anda. Aplikasi ini telah tersedia di Play Store dan anda hanya perlu mengunduhnya dengan kata kunci pencarian "efiling 1770ss".

Aplikasi ini adalah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam rangka memberikan layanan prima kepada masyarakat.

aplikasi pajak online
Setelah anda berhasil mendownloadnya, anda langsung menginstalnya, kemudian melakukan pendaftaran atau registrasi pada menu e-Filing 1770ss tersebut. Setelah melakukan pendaftaran, anda akan mendapatkan password. Namun, untuk mendapatkan password tersebut anda harus memiliki Electronic Filing Identification atau EFIN. Dan bagi anda yang sudah pernah mengisi SPT tahunan secara online, tentunya anda sudah memiliki efin.

isi SPT Pajak lewat Handphone
Sementara, bagi anda yang belum memiliki kode electronic filing identification tersebut, anda harus datang ke kantor pelayanan pajak terdekat di wilayah anda untuk meminta kode efin baru anda. Ketika anda sudah memiliki kode efin tersebut, barulah anda dapat menggunakan sepenuhnya aplikasi SPT pajak tersebut. Setelah anda memiliki password dan berhasil masuk (login) pada aplikasi E-filing, anda bisa mengisi data - data terkait SPT tahunan anda, baik itu membuat SPT baru ataupun mengubah data SPT lama anda lalu mengirimnya ke server.

Aplikasi ini hanya masih tersedia untuk pengisian dan pelaporan SPT tahunan pph wajib pajak orang pribadi atau dengan kata lain hanya untuk wajib pajak yang mempunyai penghasilan yang tidak lebih dari 60 juta per tahun. Aplikasi ini sangat mudah sekali digunakan, sehingga anda tidak punya lagi alasan untuk tidak mengisi SPT tahunan pajak penghasilan anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait