Aturan Baru Dana Pensiun Bagi PNS

Pemerintah akan mengganti sistem dana pensiun yang selama ini berlaku bagi pegawai negeri sipil. Aturan dana pensiun ini akan mulai berlaku tahun 2017 dengan menggunakan sistem fully funded, menggantikan sistem pay as you go. Dalam sistem baru ini, dana pensiun yang selama ini berasal dari anggaran belanja negara akan diganti dengan iuran dari pemerintah dan potongan gaji pegawai negeri. 

ruang kerja pns
Negara dan PNS sebagai pemberi kerja akan secara bersama membayar dana pensiun. Hingga saat ini, pemerintah masih mempertimbangkan besaran iuran yang sejauh ini diperkirakan berkisar antara 20 hingga 21 persen. Selanjutnya PT. Taspen akan bertindak sebagai pengelola dana pensiun.

Pada tahun 2014 lalu, besaran dana yang dianggarkan untuk para Pegawai Negeri Sipil mencapai 70 triliun rupiah.

pegawai negeri sipil

"Per satu Januari 2017, dia (dana pensiun) sudah tidak lagi membebani APBN. Dia fully funded, dibiayai oleh lembaga yang mengelola dana pensiun.

Kemudian pensiun eksis yang masih ada sampai 2017 dan sampai dia meninggal beserta ahli warisnya diperkirakan 2051 habis." kutipan penjelasan yang disampaikan oleh Faisal Rachman (Direktur Perencanaan,  Pengembangan, & TI PT. Taspen) di sebuah media televisi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait