8 Jurus Pemerintah Mengendalikan Pelemahan Rupiah

Pada triwulan pertama tahun 2015 ini, nilai rupiah terhadap dolar mengalami keterpurukan, sehingga menyebabkan banyak kalangan pengusaha merasa khawatir. Oleh sebab itu, pemerintah dan Bank Indonesia menyepakati sejumlah langkah untuk memperkuat posisi mata uang rupiah. Setidaknya terdapat 8 jurus yang telah disiapkan. Apa sajakah kedelapan langkah antisipasi tersebut?

Pertama adalah pengenaan bea masuk anti dumping untuk sejumlah produk impor.

rupish melemah
Kemudian yang kedua adalah insentif pajak bagi perusahaan indonesia yang mengekspor minimal 30 persen produknya.

Jurus yang ketiga adalah melakukan penghapusan pajak pertambahan nilai bagi industri galangan kapal.

Selanjutnya kebijakan keempat adalah meningkatkan komponen bahan bakar nabati untuk menekan impor minyak dan penggunaan BBM.

Langkah kelima adalah pemberian insentif pajak bagi perusahaan asing yang tidak mengirimkan dividen tahunannya hingga 100 persen ke perusahaan induk negara asal.

Cara keenam adalah dengan memperbarui formulasi pajak bagi pemilik dan perusahaan pelayaran asing.

Pemerintah dan BI juga sepakat mendorong BUMN untuk membentuk reasuransi. Ini adalah jurus yang ke tujuh dalam menghadapi pelemahan rupiah.

cinta rupiah

Serta langkah terakhir yang dilakukan pemerintah adalah mewajibkan seluruh proses transaksi di Indonesia menggunakan mata uang rupiah.

Dengan delapan langkah tersebut, diharapkan rupiah akan menguat dan kembali berada posisi yang seimbang (stabil).

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait