3 Strategi untuk Pelaku Usaha Produk Jamur Tiram

Jamur tiram menjadi salah satu jenis jamur yang banyak dibudidayakan dan dikonsumsi masyarakat. Selain memiliki cita rasa yang enak, jamur tiram juga dapat dibuat menjadi aneka olahan kuliner jamur tiram, baik untuk produk kemasan maupun untuk resto. Dalam mengembangkan usaha olahan produk jamur tiram, anda harus melakukan strategi bisnis yang tepat. Ada tiga hal penting yang patut anda pertimbangkan dalam menggeluti bidang bisnis tersebut, yakni meliputi:

1. Segmentasi
bisnis jamur tiram
Dalam bisnis ini, yang dimaksud dengan segmentasi adalah menentukan jenis pelanggan yang akan kita bidik. Dengan segmentasi, maka kita akan lebih fokus dan terarah dalam memenuhi pangsa pasar. Dalam usaha olahan produk jamur tiram, kita perlu mengidentifikasi sasaran pasar atau segmen yang akan dilayani. Artinya memilih calon konsumen (target pasar) yang paling mungkin membeli produk kita. Dalam menentukan segmentasi tersebut, setidaknya ada 2 variabel yang diperhatikan, yakni faktor geografis (kondisi wilayah) dan faktor demografis (kondisi masyarakat).

2. Diferensiasi (Keunggulan Produk)
Diferensiasi atau membuat hal yang berbeda dari produk sejenis merupakan salah satu strategi penting dalam bisnis kuliner, termasuk bisnis pengolahan jamur tiram. Perbedaan yang jelas, baik itu produk maupun pelayanannya akan membuat usaha anda lebih mudah dikenal dan diingat oleh konsumen.

Ada berbagai macam cara dalam membuat diferensiasi produk olahan jamur tiram, diantaranya: perbedaan pada produk (misalnya membuat keripik jamur tiram berukuran besar), perbedaan pada pelayanan (misalnya memasarkan secara online), perbedaan pada personalia (misalnya mempekerjakan karyawan yang kreatif), perbedaan dalam menciptakan citra atau image perusahaan.

3. Positioning
Positioning adalah sebuah tindakan untuk merancang tawaran dalam benak setiap konsumen sehingga terlihat berbeda dari produk sejenisnya. Memasarkan produk olahan jamur tiram harus juga didasarkan pada strategi positioning tersebut sehingga para pembeli merasakan kesan khusus saat membeli maupun mengonsumsi produk anda. Demikianlah tiga macam strategi saat menjalankan bisnis pembuatan dan penjualan produk olahan jamur tiram. Salam kerja & usaha! 
Referensi Buku Untung Menggunung dari Bisnis Olahan Jamur karya Yuyun A.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait