12 Macam Sifat Bos yang Disukai Karyawan

Jika anda menginginkan perusahaan ataupun bisnis anda berjalan secara maksimal, maka anda harus bisa membuat para karyawan anda bekerja secara optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut, and harus menjadi Bos (pimpinan) yang disukai bawahan anda. Bagaimanakah caranya? Inilah 12 sifat yang patut anda terapkan agar menjadi Bos yang disenangi dan disegani oleh para karyawan anda.

1. Berpikir Positif
Pahamilah kekuatan dari psikologi positif. Pandanglah semua hal dan kejadian sebagai bagian dari kesempatan pembelajaran hidup.

2. Jujur
Berkata dan bertindaklah secara jujur, dan katakan semua hal yang benar kepada semua karyawan anda, meskipun itu terasa menyakitkan.

boss baik
3. Delegasikan
Ketahuilah kapan saat yang tepat untuk memberikan kesempatan karyawan anda bekerja sendirian. Karena terkadang banyak karyawan yang mampu memberikan hasil maksimal jika tidak diawasi ketat oleh pimpinannya.

4. Komunikatif
Banyak maslaah yang terjadi di sebuah organisasi perusahaan karena kualitas komunikasi yang buruk, khususnya natara pimpinan dan bawahan.

5. Menjadi Inspirasi
Motivasi dan beri inpirasi karyawan anda  agar bergairah dalam membangun bisnis anda, sama seperti gairah anda menjalankan bisnis tersebut.

6. Jadi Pelurus
Buatlah semua anggota tim anda berada satu jalur atau satu fokus pada tujuan utama perusahaan.  

7. Hidup Seimbang
Hiduplah secara seimbang. Seseorang akan memiliki performa kinerja yang baik ketika mereka mampu menyeimbangkan diri antara pekerjaan dan pribadi.

8. Beri Kredit
Beri kredit (kenaikan gaji, bonus, dsb) untuk para pekerja yang memiliki kinerja baik agar mampu membuat rasa percaya diri dan semangat kerjanya kian meningkat.

9. Dorong Mereka Tumbuh
Beri dorongan dan jalan agar para karyawan anda tumbuh berkembang, baik dalam hal keterampilan, pengetahuan kerja, dan sebagainya. Hal ini akan membuat mereka bekerja lebih produktif lagi.

10. Beri Apresiasi
Beri pujian dan tunjukkan rasa apresiatif anda kepada para pekerja, meskipun untuk hal-hal kecil yang mereka lakukan untuk perusahaan anda.

11. Jadi Mentor
Bertindaklah seperti layaknya seorang mentor ketimbang sebagai boss. Daripada anda banyak bicara lebih baik beri contoh langsung.

12. Bertindak Fair (Adil)
Memiliki anak buah kesayangan (emas) hanya akan mengacauan seluruh tim kerja anda. Jadi, bersikaplah adil kepada semua bawahan anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait