Tips Membangun Citra Korporat yang Baik

Ketika kita mendirikan sebuah perusahaan, baik itu skala besar maupun kecil, hal yang paling sering dipikirkan adalah nama perusahaan tersebut. Karena nama memberikan jati diri yang bisa membedakan satu dengan lainnya. Namun, ternyata untuk membuat perusahaan yang kita jalankan tersebut dapat mencapai hasil yang optimal, maka ada banyak hal lainnya yang wajib juga kita pikirkan, sehingga jati diri perusahaan menjadi benar-benar kokoh dan identik. Kesemuanya itu kita sebut dengan istilah citra korporat.

Jika bisnis perusahaan anda ingin menggapai kesuksesan, maka awalilah dengan citra korporat yang mengesankan. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan citra korporat itu? Citra korporat merupakan satu istilah yang sering digunakan dalam pemasaran (marketing) dan buku, tapi apa makna sebenarnya dan mengapa citra korporat itu sangat penting bagi kemajuan sebuah perusahaan? Citra korporat dapat dikatakan sebagai wajah dan rasa bisnis yang diterima oleh para konsumen atau bagaimana bisnis Anda tampak dari luar. 

citra korporat perusahaan
Banyak pebisnis yang terlalu menaruh perhatian mereka dan lebih fokus melihat dari dalam ke luar. Namun,  jika ternyata banyak calon konsumen yang tidak mengunjungi bisnis Anda, maka kemungkinan ada yang salah atau kurang tepat dengan citra korporat Anda. Citra korporat mencerminkan kisah bisnis Anda, menjelaskan apa yang Anda lakukan dan memposisikan perusahaan Anda di antara para pesaing sehingga tampak beda dan unik. Dalam kaitannya dengan pencitraan korporat, ternyata ilmu jiwa sangat erat hubungannya. Setiap elemen dari citra korporat tersebut akan dirasakan oleh calon konsumen sehingga secara langsung akan berdampak bagi perusahaan atau bisnis anda.

Kata-kata yang dirangkai sedemikian rupa dapat membangkitkan atau menurunkan respon emosional; warna tertentu dapat mencerminkan harga dan kesan kualitas misalnya warna hitam dan emas sering diasosiasikan dengan produk atau layanan yang lebih murah; serta pemilihan atau penggunaan bentuk dan gaya huruf tertentu bisa menjadikan sebuah bisnis terlihat kuno atau modern,  profesional atau amatiran. 

Dalam rangka penciptaan citra korporat yang baik, dapat dimulai dari pemilihan nama perusahaan yang seharusnya bisa meresapi seluruh bisnis. Artinya nama perusahaan mewakili inti bisnis yang dijalankan atau roh dari perusahaan. Apa pun ukuran perusahaan yang telah dirikan, sebagian besar bisnis unggul memiliki citra korporat yang sangat baik. Dalam menciptakan citra korporat yang bagus, setidaknya ada 10 poin yang wajib anda lakukan, antara lain:

1. Menentukan nama bisnis yang tepat. Lihat panduan memilih nama perusahaan di link ini!
2. Menentukan dan membuat logo perusahaan, contohnya ada di sini!
3. Apa tag line bisnis Anda? Silakan lihat contoh membuat tag line bisnis!
4. Lakukan konsistensi dan kekuatan branding.
5. Apakah Anda sudah memiliki warna korporat yang bagus? Mungkin pemilihan warna perusahaan berdasarkan Fengsui bisa menjadi inspirasi anda.
6. Tentukan orang yang bertugas mengendalikan citra korporat Anda. Atau mungkin Anda sendiri yang langsung menanganinya. 
7. Sebagus apapun elemen citra korporat yang anda buat, ada saatnya Anda perlu menilik kembali citra korporat tersebut guna menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
8. Lakukan pencitraan korporat dalam setiap iklan bisnis anda.
9. Pastikan tim dan karyawan Anda memahami falsafah korporat.
10. Jangan bimbang karena ukura perusahaan. Ukuran tidak masalah kecuali Anda mempermasalahkannya. Artinya tidak ada batasan antara bisnis kecil maupun perusahaan besar dalam membuat citra korporat yang baik.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait