Persiapan Memulai Usaha Penggemukan Domba

Bagi para peternak domba, usaha penggemukan memang sering menjadi pilihan utama dibandingkan dengan usaha pembibitan. Usaha penggemukan domba memiliki beberapa kelebihan, diantaranya permintaan pasar yang lebih luas, dan periode pemeliharaannya tergolong singkat sehingga perputaran modal menjadi lebih cepat. 

Pangsa pasar yang bisa menyerap domba hasil penggemukan sangat luas, di antaranya rumah potong, rumah makan, jasa layanan akikah, dan untuk kebutuhan hewan kurban. Jika anda tertarik melakukan usaha peternakan penggemukan domba, maka ada beberapa langkah yang perlu anda persiapkan:

peternakan domba
1. Langkah pertama adalah menentukan lokasi tempat yang sesuai untuk usaha. Sebaiknya pilih lokasi yang memiliki sumber air yang cukup, akses jalan baik dan mudah dijangkau, memiliki sirkulasi udara yang baik, serta tingkat keamanan dan kondisi lingkungan sekitar yang tidak terganggu.

2. Tahap berikutnya adalah menentukan target pasar yang akan dituju. Ada beragam pilihan, misalnya hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar tradisional sehari-hari, untuk dijual memenuhi kebutuhan hari raya Idul Adha, atau untuk suplai ke rumah makan dan pasar khusus seperti akikah.

3. Sebelum mendatangkan ternak, maka tahap ini harus anda lakukan, yakni menyiapkan kandang untuk merawat domba yang akan digemukkan. Umumnya, ternak domba dipelihara di dalam kandang yang berkelompok (koloni) dengan perlengkapan tempat pakan dan minum.

4. Kandang harus dilengkapi dengan tempat pakan dan minum yang dekat agar ternak mudah menjangkaunya. 

5. Langkah ke lima adalah menyediakan pakan yang diperlukan untuk penggemukkan domba, diantaranya berupa rumput, daun legum, dan konsentrat. Bahan pakan bisa anda beli di toko pakan ternak atau diracik secara  mandiri. 

6. Dalam usaha penggemukan ini, vitamin dan obat-obatan menjadi bagian penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati domba yang sakit. 

7. Langkah terakhir adalah memilih dan menyiapkan bakalan atau bibit domba yang berkualitas, sehat, lincah, tidak cacat, berusia kurang dari satu tahun,  dan berasal dari jenis indukan domba pedaging yang potensial. Misalnya, domba ekor gemuk, domba ekor tipis, dan domba garut. Lakukan pemeliharaan rutin agar ternak cepat tumbuh.

Panen Domba
Pemanenan ternak dalam usaha penggemukan domba umumnya dijual dalam keadaan hidup, dan jarang dipasarkan dalam bentuk karkas (daging). Peternak biasanya menjual langsung ke rumah potong untuk dijual dalam bentuk daging.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait