Mengenal Komponen Transaksi Bisnis Saham

Bagi anda yang akan menggeluti bisnis investasi permodalan dalam jual beli saham, hendaknya memahami secara cermat seluk-beluk di dunia saham, beberapa diantaranya adalah memahami komponen-komponen yang terdapat pada transaksi saham.

Emiten
Apa yang dimaksud dengan emitan dalam bisnis investasi saham? Emiten merupakan perusahaan publik yang telah terdaftar di bursa efek. 

Broker
bursa efek indonesiaSiapa yang dimaksud dengan broker? Broker adalah pihak yang berperan sebagai perantara atau pialang saham. Pada pasar modal, istilah broker lebih populer disebut dengan perusahaan sekuritas, yakni tempat para investor melakukan jual beli saham yang akan ditransaksikan pada bursa saham.

Rekening saham
Apa yang dimaksud dengan rekening saham? Rekening yang dimiliki oleh investor pada perusahaan sekuritas. Artinya, seseorang yang ingin berbisnis dalam saham, harus mempunyai rekening saham.

Kode saham
Dalam bursa saham, anda akan diberikan banyak pilihan saham dengan nilai yang bervariasi. Setiap saham yang dijualbelikan di bursa efek memiliki suatu kode khusus. Pada Bursa Efek Indonesia, setiap saham memiliki kode 4 huruf yang ditulis dalam huruf kapital. Pemilihan kode tersebut ditentukan sendiri oleh perusahaan dan diajukan kepada BEI untuk mendapat persetujuan. Misalnya, Astra Agro Lestari Tbk kodenya AALI atau Bank Central Asia Tbk kodenya BBCA. Mereka yang sudah sering bermain di bursa saham biasanya saat melakukan transaksi lebih sering menyebut kode saham daripada nama perusahaannya. 

Satuan transaksi
Satuan transaksi merupakan jumlah minimal saham yang ditransaksikan. Satuan transaksi minimal sebesar satu Lot yang setara atau ekivalen dengan 500 lembar saham.

Mekanisme transaksi
Bagaimanakah mekanisme dalam transaksi di bursa saham? Secara sederhana, pembeli dan penjual memasukkan kuotasi penawaran harga bid dan ofer saham pada sistem antrean. Setiap penawaran yang diberikan diurutkan menurut waktu masuk hingga terdapat harga yang cocok antara penawaran beli tertinggi dan penawaran jual terendah.

Fraksi harga
Fraksi harga merupakan perubahan satuan perubahan harga (fraksi) saham. 

Jam transaksi
Kapan saja proses transaksi yang berlangsung di bursa saham? Jadwal perdagangan efek di pasar reguler, pasar tunai, dan pasar negosiasi dapat dilakukan selama jam perdagangan pada setiap hari bursa, yakni pada hari senin sampai kamis pukul 09.30 - 12.00 dilanjutkan pukul 13.30 - 16.00; dan pada Jumat pukul 09.30 - 11.30 dilanjutkan pukul 14.00 - 16.00.

Keuntungan
Keuntungan atau profit yang diperoleh dalam melakukan transaksi saham dapat berupa capital gain dan dividen. 

Konfirmasi saham
Apa yang dimaksud dengan konfirmasi saham? Konfirmasi saham merupakan konfirmasi pembelian saham yang diberikan oleh perusahaan sekuritas tempat investor melakukan transaksi. Secara terpusat, nama para investor akan tercatat pada lembaga Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 
Sebagai bagian dari pemilik perusahaan atau penanam modal, maka salah satu hak yang dimiliki oleh para pemegang saham adalah menghadiri RUPS dengan membawa surat pengantar Konfirmasi Tertulis Untuk Rapat (KTUR) yang diterbitkan oleh KSEI. Investor akan menerima surat pengantar yang diberikan oleh perusahaan sekuritas. Lalu, apa yang dibahas dalam RUPS? Yang dibahas biasanya menyangkut perkembangan keadaan perusahaan dan strategi yang akan dilakukan untuk masa yang akan datang.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait