Cara Mengetahui dan Melacak Kinerja Iklan

Bagaimanakah cara untuk mengetahui apakah iklan yang kita buat telah berhasil atau tidak? Dalam bisnis periklanan, terdapat sebuah stigma bahwa 50%  iklan akan berhasil dan 50% lagi akan mengalami kegagalan. Agar bisa sukses dalam menerbitkan iklan, maka kunci sesungguhnya adalah mengidentifikasikan keduanya. Orang sering menilai kinerja iklan dengan menggunakan perasaannya, misalnya "Saya rasa iklan itu benar-benar berhasil", atau "Iklan tersebut sedikit berhasil",  atau "Saya tidak sepenuhnya yakin apakah iklan itu berhasil atau tidak". 

Setiap pebisnis yang mengeluarkan satu rupiahnya untuk beriklan pasti ingin mengetahui apakah iklannya itu berhasil atau tidak. Dan yang terpenting,  seberapa bagus hasilnya? Beragam jenis iklan yang dimunculkan ke publik harus dimonitor dan dievaluasi secara berkala guna mengetahui bagaimana kinerjanya dan  seberapa bagus hasilnya. Untuk melakukan pengukuran tersebut, anda bisa menggunakan berbagai teknik. 

melacak kinerja iklanMetode yang paling mudah dilakukan adalah dengan memonitor angka penjualan produk atau jasa yang tengah  anda promosikan ka target konsumen. Jika tren penjualan menunjukkan angka peningkatan saat setelah Anda mengiklankannya, maka secara logis dapat kita asumsikan bahwa iklan Anda bekerja dengan baik. Sedangkan bila jumlah penjualan tidak kunjung mengalami peningkatan (dengan syarat Anda sudah memberikan waktu bagi iklan untuk bekerja), maka kesimpulannya adalah iklan produk Anda mungkin tidak efektif dan kurang berhasil, sehingga Anda perlu meninjau ulang kampanye Anda. 


Metode lain yang direkomendasikan untuk anda lakukan dalam memantau kinerja iklan anda adalah melalui kuesioner, yakni kuesioner sederhana untuk para pelanggan. Lembar kuesioner tersebut dapat anda letakkan di depan toko atau kantor atau pada bagian resepsionis sehingga memungkinkan bagi para staf untuk bertanya pada pelanggan atau konsumen baru bagaimana mereka mendengar tentang bisnis Anda. Formulir singkat dan sederhana tersebut bisa menggunakan format pilihan ganda, di mana anggota staf mencentang kotak yang sesuai. Dari kuesioner tersebut dapat kita ketahui gambaran tentang seberapa baik efektivitas iklan anda. Opsi lain adalah mengajukan pertanyaan ini lewat telepon. 

Jika anda mengiklankan produk di internet, anda mungkin mendapatkan tools untuk mengukur seberapa bagus kinerja iklan anda. Misalnya jika anda beriklan di jaringan Google Adwords, anda akan mendapat akses untuk mengukur efektivitas dan konversi iklan anda.

Apa pun cara yang Anda gunakan untuk mengumpulkan informasi tentang keberhasilan iklan anda, kunci utamanya adalah memastikan bahwa informasi tersebut dapat memberi gambaran tentang rencana advertising anda pada waktu yang akan datang.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait