10 Tips Sukses Membangun Bisnis Rumahan

Banyak kita dengar kisah sukses orang-orang membangun dan menjalankan  kerajaan bisnis besarnya diawali dengan bisnis kecil-kecilan skala rumahan. Membangun bisnis rumahan memiliki nilai plus dan minus tersendiri. Sisi keunggulannya adalah tidak memerlukan modal besar yang dipakai untuk biaya sewa lokasi karena langsung menggunakan bagian rumah anda, sedangkan poin kelemahannya adalah anda mungkin sering tidak bisa fokus bekerja karena terganggu aktivitas anggota keluarga anda di rumah. Oleh karena itu, anda harus pandai - pandai mengatur bisnis anda agar dapat berjalan dengan lancar. Berikut disajikan 10 tips sukses menggeluti bisnis rumahan.

#1 Atur Waktu Kerja Anda Secara Cermat
BISNIS RUMAHAN
Karena usaha yang anda jalankan berada di rumah anda, maka biasanya akan cukup sulit untuk menentukan apakah anda sedang melakukan pekerjaan bisnis anda atau sedang melakukan pekerjaan rumah. Artinya anda harus memastikan berapa jumlah waktu yang anda habiskan untuk menjalankan usaha tiap harinya dan berapa lama untuk bersama anggota keluarga atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Hal ini akan membuat anda belajar profesional.

#2 Pilih Tempat Usaha yang Efesien dan Efektif
Sebagian besar para pelaku usaha rumahan menjalankan bisnisnya di dalam garasi, depan rumah, teras rumah, dan halaman di sekitar rumah. Hindari menggunakan kamar tidur atau ruang keluarga untuk menjalankan bisnis rumahan anda karena dapat mengganggu aktivitas anggota keluarga.

#3 Diskusikan Aturan Bisnis Anda dengan Anggota Keluarga
Menjalankan bisnis skala rumahan berarti anda senantiasa bersama anggota keluarga anda. Hal ini terkadang menjadi pengganggu konsentrasi anda dalam bekerja. Oleh karena itu, diskusikan aturan - aturan yang membuat semua saling memahami. Jika memungkinkan ajak mereka untuk terlibat dalam bisnis rumahan anda.

#4 Fokus pada Gagasan Bisnis Anda
Sebagai langkah awal membangun bisnis, sebaiknya anda menentukan segmen pasar yang lebih spesifik. Usahakan fokus pada kualitas produk anda, lalu amati tanggapan konsumen. Setelah itu, baru anda dapat menyusun strategi lanjutan.

#5 Waspadai Rasa Jenuh Anda
Menjalankan bisnis rumahan berarti anda akan lebih lama berada di rumah. Hal ini terkadang dapat memunculkan rasa jemu karena sehari-hari anda akan mendapatkan suasana yang sama. Cara terbaik menghadapi rasa bosan sewaktu bekerja di rumah adalah dengan memilih bisnis yang benar-benar Anda sukai, seperti hobi yang dapat menghasilkan uang. 

#6 Tegaslah Terhadap Teman atau Tetangga 
Menjalankan bisnis rumahan memang memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah adanya gangguan yang berasal dari anggota keluarga, teman, atau para tetangga. Teman atau tetangga Anda terkadang kurang memahami atau memiliki anggapan yang salah, bahwa karena Anda sedang berada di rumah, dianggap Anda sedang tidak bekerja.  Jelaskan dengan bijaksana bahwa Anda memilki jam kerja di rumah dan persilahkan mereka datang setelah jam kerja Anda selesai.

#7 Gunakan Telepon secara Bijak
Sebagai pelaku bisnis rumahan, Anda mungkin akan memiliki banyak waktu dalam menggunakan ponsel, baik untuk urusan  bisnis maupun pribadi. Pastikan Anda menggunakannya seproduktif mungkin. Ada baiknya anda membedakan saluran telepon rumah dengan telepon untuk bisnis Anda. 

#8 Persiapkan Diri Bila Ada Klien Berkunjung Ke Tempat Bisnis Anda 
Jika suatu ketika klien atau konsumen harus berkunjung ke rumah anda, maka gunakan pakaian yang pantas dan sopan. Pastikan kantor Anda memiliki citra professional, meski berada di rumah. Perhatikan pula tata ruang kerja bisnis Anda. 

#9 Perluas Jaringan Bisnis Anda
Produk yang handal dan didukung oleh jaringan yang luas akan berdampak luar biasa terhadap kemajuan suatu bisnis. Membentuk jaringan merupakan satu kunci sukses dalam memasarkan produk bisnis Anda. Jalinlah kerjasama dengan klien-klien Anda dengan baik, dan perluaslah pertemanan Anda, baik secara profesional maupun personal. 

#10 Bangga terhadap Bisnis Anda Sendiri 
Rasa bangga akan memunculkan sikap percaya diri. Sikap percaya diri mendorong seseorang bersikap optimis dan bisa memudahkan dalam menjalin network. Saat ini wirausahawan memiliki pandangan positif di mata masyarakat, karena dianggap mampu untuk menciptakan lapangan kerja sendiri dan mengurangi pengangguran. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi bisnis Anda. Banggalah dengan bisnis Anda sendiri, meskipun masih skala rumahan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait