10 Cara Mengatur Meja Kerja Lebih Produktif

Pengaturan meja kerja yang tepat ternyata menjadi salah satu elemen penting dalam meningkatkan produktivitas seorang pekerja, khususnya para pegawai kantoran. Hal-hal kecil dalam pengaturan meja kerja, baik yang menyangkut aspek warna, ketinggian meja, hingga pijakan kaki dapat menjadi penentu produktivitas diri. Dalam penataan dan pengaturan tata letak meja kerja tersebut, paling tidak ada sekitar 10 poin penting yang mungkin bisa anda terapkan guna membantu anda lebih produktif dan energik di meja kerja anda, yakni:

1. Coba Pakai Warna Hijau atau Warna Favorit Anda
Tema warna hijau pada ruang kerja dapat meningkatkan daya kreativitas anda. Jika anda merasa kurang "srekkk" dengan warna tersebut, anda bisa mencoba warna kesukaan Anda.

meja ruang kerja2. Letakkan Tanaman Hias
Taruhlah tanaman hias, misalnya bonsai atau kaktus hijau di ruangan meja kerja anda. Adanya tanaman kecil tersebut dapat membantu mengembangkan produktivitas kerja.

3. Pakailah Pencahayaan yang Cerah 
Pencahayaan juga menjadi unsur yang penting dalam membuat kinerja anda lebih bagus. Ruang kerja yang bernuansa agak terang dapat memberi efek positif pada kualitas tidur anda di rumah, meningkatkan aktivitas dan kualitas hidup anda.

4. Tinggi Layar Monitor Komputer harus Sejajar dengan Mata Anda
Jangan meletakkan layar komputer lebih rendah dari pandangan anda, karena hal tersebut dapat membuat kepala anda lebih menunduk sehingga lebih cepat membuat leher belakang menjadi pegal. Untuk mengurangi ketegangan mata, sebaiknya anda rutin membersihkan layar monitor Anda.

5. Atur Tinggi Meja Kerja
Ketinggian meja kerja harus disesuaikan dengan tinggi tubuh anda, sehingga ketika anda menggunakan komputer atau laptop, tangan anda berada pada posisi sejajar dengan permukaan meja kerja (tidak lebih rendah atau lebih tinggi). Tentukan sendiri posisi ketinggian meja kerja berdasarkan rasa nyaman tangan anda saat menggunakan komputer ataupun ketika menulis di atas meja.

6. Gunakan Kursi Empuk
Hindari menggunakan kursi kayu yang kaku. Sebaiknya pilih kursi yang memiliki fasilitas roda, dapat berputar, dan fleksibel naik turun.

7. Pijakan Kaki
Cobalah anda duduk di kursi kerja anda, apakah alas sepatu anda telah menapak seutuhnya di lantai atau hanya ujung sepatu anda saja yang mencapai lantai? Saat anda duduk, pastikan bahwa tapak kaki anda telah terasa mantap berpijak di atas lantai, jika tidak, anda bisa menambahkan papan pijakan pada lantai.

8. Bangun Mood Kerja dengan Musik
Musik yang anda dengar melalui headset dapat membangkitkan semangat dan mood kerja anda, serta merelaksasi pikiran anda. Namum, musik juga dapat menjadi bahan pengganggu konsentrasi kerja khususnya untuk tugas-tugas yang berkaitan dengan kognitif (otak dan ingatan).

9. Pajang Foto Orang Tercinta
Memikirkan orang-orang tersayang dapat mengurangi tingkat stress serta menjauhkan dari pikiran negatif. Oleh sebab itu, pajanglah di atas meja kerja anda sebuah foto terbaik dari orang-orang yang anda sayangi (orang tua, kekasih, pasangan hidup, atau anak).

10. Berantakan atau Rapi
Beberapa hasil studi menyatakan bahwa meja kerja yang sedikit agak berantakan ternyata dapat mendorong munculnya pikiran kreatif, sedangkan meja kerja yang rapi akan membuat imajinasi dan pikiran inovatif tidak berkembang baik. Namun, bagi sebagian orang tidak akan mampu berkonsentrasi jika melihat hal yang tidak rapi pada meja kerjanya. Nah, hal yang bertolak belakang tersebut merupakan perasaan pribadi masing-masing. Yang manakah kenyamanan anda? Berantakan ataupun rapi, yang terpenting adalah meja kerja anda harus bersih sehingga membuat nyaman dan sehat.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait