Mengenal Karakter Diri Berdasarkan Golongan Darah

Ada sebuah pepatah mengatakan, "Sebelum Berusaha Memahami Orang Lain, Cobalah Pahami Dirimu Sendiri". Mengenal dan memahami personality diri adalah langkah awal untuk dapat maju dan berkembang. Dengan mengenal karakter diri, maka kita akan dapat lebih mudah menentukan langkah hidup kita, termasuk saat memilih bidang study, jenis pekerjaan, dan memilih bidang bisnis. Ada beragam cara dan metode yang bisa kita gunakan untuk mencermati seperti apa diri kita, salah satunya adalah melalui jenis golongan darah.

Di negara sakura, Jepang, meramal kepribadian dengan tipe golongan darah ternyata lebih populer daripada tanda zodiak. Banyak orang Jepang yang menggunakan tipe golongan darahnya untuk menentukan banyak hal, mulai dari urusan prediksi ramalan mingguan, sampai untuk urusan dengan siapa orang yang cocok untuk diajak kencan.

minuman soda golongan darahSejak zaman dulu, jenis dan golongan darah telah menjadi hal yang menarik bagi para peneliti dan profesor Jepang. Pada tahun 1900, ahli biologi asal Austria bernama Karl Landsteiner, untuk pertama kali mengidentifikasi jenis-jenis golongan darah. Pada tahun 1916, seorang dokter Jepang yang bernama Kimata Hara menerbitkan sebuah jurnal ilmiah yang mengungkapkan hubungan jenis golongan darah dengan karakter kepribadian seseorang. Tahun 1927, Takeji Furukawa mempublikasikan "The Study of Temperament Through Blood Type", yang walaupun kurang memuaskan tetapi menjadi populer di Jepang. Kemudian tahun 1930, militer Jepang menggunakan jenis golongan darah tersebut sebagai salah satu dasar perekrutan pasukan tentara. 

Penggunaan golongan darah untuk berbagai urusan menjadi begitu populer di Jepang. Banyak stasiun tv lokal yang sering menyiarkan ramalan berdasarkan tipe golongan darah (blood horoscopes). Hampir 90% warga Jepang mengetahui jenis golongan darahnya. Tim nasional Softball Jepang juga menggunakan teori golongan darah tersebut untuk menentukan latihan dan posisi yang tepat bagi tiap-tiap pemain. Hal ini membuat mereka berhasil memperoleh medali emas pada Olimpiade di Beijing.

Begitu populernya pemakaian type golongan tersebut membuat banyak buku yang mengulas tentang "blood type" menjadi laris manis. Pada tahun 2008, empat judul buku yang bertemakan golongan darah menjadi Top 10 Best Seller di negara Jepang.

Remaja-remaja Jepang, khususnya kaum cewek, menggunakan tipe golongan darahnya untuk menetukan jenis minuman soft drinks yang paling tepat. Orang-orang golongan darah A disarankan memilih minuman soda rasa lemon yang mengandung vitamin C dan kalsium untuk memberikan ketenangan saraf dari rasa tegang. Golongan darah B cocok minum soda untuk meningkatkan stamina mental karena orang-orang bergolongan darah B cenderung menggunakan kemampuan otaknya. Tipe golongan darah AB disarankan memilih minuman soda rasa pisang (banana) yang mengandung ekstra magnesium untuk mengurangi stress. Sementara orang bergolongan darah O cocok mengkonsumsi soda rasa apel yang mengandung multi vitamin yang membantu membakar energi lebih efesien.

Nah, bagaimanakah karakter kepribadian seseorang menurut golongan darahnya? Berikut sekilas deskripsinya dikutip dari jurnal Phlebotomist.net: 

Golongan Darah A (disebut sebagai The Farmer atau Karakter Petani)
Sifat utama: konservatif, tenang, bertanggung jawab, introvert (tertutup), pendiam, sabar, disiplin, dan perfeksionis, obsesif, berlebihan, sensitif, keras kepala, dan sering panik. Tokoh-tokoh yang bergolongan darah A antara lain: George H.W. Bush, OJ Simpson, Britney Spears, Adolf Hitler, dan Richard Nixon. Cocok dengan orang bergolongan darah A dan AB.

Golongan Darah B (disebut sebagai The Hunter atau Karakter Pemburu)
Sifat utama: kreatif, fleksibel, impulsif, jiwa bebas, bergairah, penyayang, optimis, dan sulit ditebak, pelupa, tidak bertanggung jawab, dan individual. Tokoh-tokoh yang bergolongan darah B antar lain: Jack Nicholson, Luciano Pavarotti, Paul McCartney, dan Leonardo Dicaprio. Cocok dengan orang bergolongan darah B dan AB.

Golongan Darah AB (disebut sebagai The Humanist atau Karakter Budayawan)
Sifat utama: tenang, rasional, suka berorganisasi, empatik, tidak pemaaf, suka mengkritik, dan sering ragu. Tokoh-tokoh yang bergolongan darah AB antara lain: John F Kennedy, Marilyn Monroe, Mick Jagger, Thomas Edison, dan Jackie Chan. Cocok dengan orang bergolongan darah O dan AB.

Golongan Darah O (disebut sebagai The Warrior atau Karakter Pejuang)
Sifat utama: suka berpetualang, sosial, percaya diri, ambisius, bergairah, berorientasi pada tujuan, berjiwa pemimpin, arogan, dan pecemburu. Tokoh-tokoh yang bergolongan darah O antara lain: Ronald Reagen, Ratu Elizabeth, John Lennon, Elvis Presley, dan Mikhail Gorbachev. Cocok dengan semua orang.

Demikainlah deskripsi tentang penentuan karakter pribadi berdasarkan golongan darah. Bagaimanakah dengan golongan darah anda?

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait