Investasi Emas Batangan yang Menguntungkan

Bentuk investasi emas yang banyak digunakan oleh para pebisnis adalah emas batangan atau nama lainnya emas lantakan. Dalam bahasa Inggris disebut dengan fine gold. Di pasaran, emas jenis ini hanya tersedia dalam kadar 24 karat, artinya emas murni. Banyak orang beranggapan bahwa yang dapat membeli dan berinvestasi emas batangan adalah mereka yang telah kaya raya, sedangkan bagi orang-orang yang berpenghasilan menengah dan hanya memiliki sedikit tabungan tidak akan bisa membeli emas lantakan tersebut.

Pendapat tersebut mungkin masih agak keliru karena di pasaran emas batangan ini juga dijual dalam bentuk satuan kecil, antara lain ukuran berat 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gran, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram, dan 1.000 gram atau lebih. Jadi pilihan investasinya cukup fleksibel dan variatif. 

Harga emas batangan selalu berubah atau mengalami fluktuasi setiap hari. Umumnya semakin besar emas batangan yang kita beli, maka harga per gram-nya lebih murah. Untuk pangsa pasar di Indonesia, nilai harga emas yang menjadi patokan adalah harga emas lantakan yang diprodukui oleh PT Aneka Tambang. Untuk mengetahui perkembangan terbaru tentang harga emas tersebut dapat anda lihat pada situs PT Aneka Tambang di www.logammulia com. 

Harga emas yang tercantum pada situs tersebut merupakan harga dasar yang dikenakan kepada konsumen yang ingin membeli emas batangan. Selain harga dasar, dalam pembelian emas batangan tersebut, konsumen juga dikenakan biaya atau ongkos pembuatan yang jumlahnya bervariasi, tergantung pada jumlah berat emas yang kita beli. Kisaran biaya pembuatan emas batangan ternyata jauh lebih kecil dibandingkan dengan ongkos pembuatan emas perhiasan, hal ini karena teknik pembuatan emas lantakan tidak serumit membuat perhiasan. Jika kita membeli emas lantakan sebesar 5 gram, maka jumlah biaya yang dikenakan ke konsumen adalah sekitar Rp 35.000.  Hal ini berarti, ongkos per 1 gram emas hanyalah sebesar Rp 7.000. Jika kita bandingkan dengan jumlah ongkos yang dikeluarkan saat membeli emas perhiasan, maka ongkosnya lebih besar, yakni minimal sekitar Rp 50.000 per gram. Selisih nilai biaya pembuatan yang cukup besar, bukan?

Coba kita hitung uang yang harus kita bayarkan jika hendak membeli 5 gram emas lantakan di PT Aneka Tambang dengan harga dasar Rp 531.000 per gram. Harga emas 5 gram (Rp 531.000 x 5) adalah Rp 2.655.000 ditambah ongkos Rp 35.000, menjadi total Rp 2.690.000,-

Membeli emas batangan, kita tidak dikenakan pajak, sehingga hal ini membuat bisnis investasi emas batangan menjadi semakin menarik.

Nah, ketika kita ingin menjual emas batangan tersebut, maka lakukan saat ada kenaikan harga emas. Harga yang digunakan ketika kita menjual emas adalah harga beli dari PT Aneka Tambang, yaitu berkisar antara 10% di bawah harga dasar. Untuk dapat memulai melakukan investasi emas lantakan ini, silakan anda dapat menghubungi PT Aneka Tambang atau mengunjungi situsnya agar mendapat informasi ter-up to date! Salam kerja & usaha! 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait