Gambaran Perhitungan Investasi Emas Batangan

Sistem Transaksi Emas Lantakan, Investasi emas dalam bentuk batangan merupakan cara cerdas untuk menyimpan modal. Investasi emas batangan atau lantakan dapat anda lakukan melalui PT Aneka Tambang (Antam). Untuk memulai dan bagaimana agar sukses melakukan investasi emas lantakan, maka hendaknya anda mengetahui dasar-dasar investasi ini, baik yang berkaitan dengan perhitungan transaksi, kelebihan yang terdapat pada emas batangan, dan juga bagaimana risiko yang melekat pada investasi ini.

Pada artikel kali ini, akan disajikan tentang gambaran transaksi jual beli emas batangan secara tunai sebagai bagian dari investasi anda. Komponen - komponen yang perlu anda pelajari dalam transaksi emas batangan secara tunai meliputi tentang perhitungan satuan transaksi, harga dasar, ongkos, dan yield.

emas batangan lantakan
Dalam urusan hitung - menghitungan investasi emas batangan, ternyata tidaklah serumit perhitungan investasi pada instrumen saham atau obligasi.  Pada intinya, investasi emas batangan hanyalah berupa sebuah proses membeli, menyimpan, dan menjualnya kembali. Rumus-rumus yang digunakan dalam investasi ini pun sangat mudah dan sederhana, tak jauh bedanya dengan transaksi jual beli biasa. Jadi, hampir semua orang dapat memulai investasi emas lantakan ini dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut ini adalah komponen-komponen yang ada di dalam perhitungan transaksi emas batangan.

Satuan Transaksi 
Di pasaran dunia (global), harga emas dinyatakan dalam satuan troy once. Apa itu troy once? Troy once adalah satuan berat emas murni yang jika dinyatakan dalam satuan gram setara dengan 31,103 gram. Bila anda membaca atau mendengar sebuah berita di sebuah media yang menyatakan bahwa "Harga emas hari ini US$ 1.000 per troy once" maka ini berarti bahwa untuk mendapatkan emas murni sebanyak 31,103 gram, anda harus mengeluarkan dana sebesar US$ 1.000. Untuk mengetahui harga per gram emas dalam satuan rupiah, maka anda harus melihat nilai kurs USD-IDR yang berlaku saat itu.

Sebagai contoh, jika kurs rupiah terhadap dolar AS adalah Rp 12.000, dan harga emas per troy once saat itu adalah 1.000 dolar, maka anda dapat menghitung harga emas per gram dengan rumus seperti berikut:
Harga emas / gram = (Harga emas per troy once x kurs USD-IDR) / 31,103 
= (1.000 x 12.000) : 31,103 
= 12.000.000 : 31,103 
= 385.815 
Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut, untuk mendapatkan 1 gram emas murni pada saat harga emas dunia US$1.000 per troy once dan kurs rupiah terhadap dolar berada di level Rp12.000, maka dibutuhkan dana sebesar Rp 385.815,-

Harga Dasar 
Patokan bisnis investasi emas batangan di Indonesia adalah PT Aneka Tambang.  Setiap hari, sekitar pukul 10.00 WIB,  PT Aneka Tambang selalu mengeluarkan update harga dasar untuk emas lantakan. Harga dasar tersebut adalah harga yang dikenakan pada konsumen yang ingin membeli emas batangan atau dapat pula dikatakan sebagai harga jual dari PT Aneka Tambang. Nah, bila anda akan menjual emas batangan yang anda miliki, maka harga jual yang anda terima sekitar 10% di bawah harga dasar yang berlaku saat anda menjualnya. Jika seminggu lalu anda membeli emas batangan 1 gram dengan harga dasar Rp 350.000, dan hari ini harga dasar emas batangan Rp 400.000, maka bila anda menjualnya saat ini, hitungan investasinya (Rp 400.000 - 10% harga dasar) yakni (Rp 400.000 - Rp 40.000) = Rp 360.000,-
Sehingga hitung-hitungan sementara, anda untung Rp 10.000,- / gram. Profit ini belum dikurangi biaya ongkos pembuatan.

Ongkos 
Selain harga dasar, ternyata juga dikenakan sejumlah biaya pembuatan yang besarnya bervariasi sesuai dengan ketetapan yang dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang. 
Berikut ini adalah contoh gambaran biaya pembuatan emas batangan:
Emas lantakan 1-3 gram = Rp 26.000
Emas lantakan 5 gram = Rp 31.000
Emas lantakan 10 gram = Rp 41.000 Emas lantakan 25 gram = Rp 51000 
Emas lantakan 50 gram = Rp 61.000
Emas lantakan 100 gram = Rp 76.000

Daftar harga tersebut akan berubah seiring perkembangan waktu. Jika anda berniat melakukan pembelian emas lantakan, sebaiknya Iakukan konfirmasi terlebih dahulu mengenai besaran biaya pembuatan agar anda dapat menghitung nilai investasi dengan lebih cermat dan akurat.

Yield 
Yield adalah jumlah keuntungan dari kegiatan investasi emas yang anda lakukan. Untuk menghitung yield tersebut dilakukan dengan cara sederhana, yakni total hasil penjualan dikurangi dengan biaya perolehan (modal) yang kita keluarkan pada saat membelinya. Jika hasilnya positif (plus), berarti anda mendapatkan keuntungan.  Dan sebaliknya, jika hasilnya negatif (minus) maka anda mengalami kerugian.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait