Cara Berbisnis Jus Buah dalam Kemasan Cup

Olahan buah yang banyak disukai semua kalangan adalah berupa jus. Jus buah mengandung beragam nutrisi untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin, mineral, dan zat besi, sehingga sering juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alternatif. Perkembangan tersebut membuat permintaan terhadap olahan jus buah mengalami peningkatan. Hal ini membuat banyak pelaku ukm di bidang minuman yang memproduksi aneka jus buah dengan berbagai varian rasa dan manfaat bagi kesehatan. Bahkan jus buah juga sering disajikan di restoran dan kafe, sebagai menu andalan.

Bisnis pembuatan minuman jus saat ini telah juga ditawarkan dalam paket kemitraan waralaba, sehingga para pelakunya berusaha untuk mengelola bisnis minuman ini dengan lebih profesional, contohnya dengan menata aneka buah pada etalase kaca dan mengemas jus ke dalam wadah cantik yang mudah dibawa. 

Ide Kreatif Menjual Jus Buah Kemasan. Untuk memulai wirausaha aneka jus buah tidakmemerlukan modal yang besar.  Hanya saja, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yakni:

1. Ketersediaan dan fluktuasi buah musiman. Ketika usaha anda menggunakan bahan buah yang tersedia hanya pada musim-musim tertentu, maka anda harus mewaspadai fluktuasi harganya.

2. Siasati daya simpan buah yang rendah.  Ada beberapa jenis buah yang hanya mampu bertahan dalam dua atau tiga hari. Agar tidak banyak merugi, maka dalam produksinya mengutamakan stok lama yang masih berkualitas baik.

3. Kalkulasikan dengan cermat harga jus buah yang anda jual. Sesuaikanlah harga produk jus anda dengan jumlah variasi buah dan jenis buah.

4. Sajikan dalam kemasan yang menarik.  Kebersihan suatu produk minuman merupakan bagian penting yang sering diperhatikan konsumen. Jus buah yang dikemas dalam wadah cup yang di-seal rapat dapat memberi kesan higienis dan profesional. Selain dapat mengurangi risiko tumpah, kelebihan lainnya adalah pembeli dapat menikmati jus secara praktis di mana pun hanya dengan melubangi tutupnya menggunakan sedotan. 

5.  Perhatikan cara metode penjualan anda. Salah satu cara yang mungkin dapat terapkan adalah dengan memasukkan jus buah kemasan ke dalam cooler box yang berisi es batu. Kemudian, jus buah kemasan tersebut dapat dijual keliling atau sistem titip di toko kue,  warung, atau swalayan.

Nah, sebagai contoh, berikut disajikan resep jus mangga yang bisa anda terapkan pada bisnis minuman jus dalam kemasan cup. 

Bahan dasar terdiri dari: 150 gram daging buah mangga, 100 gram es batu, 100 ml air matang, dan 3 sdm gula pasir.

Cara pembuatannya: 
1. Daging buah mangga dimasukkan ke dalam blender, bersama dengan air dan gula. Proses ini dilakukan hingga tercampur rata.  
2. Setelah itu, tuangkan jus ke dalam gelas cup plastik, kemudian tutup dengan mesin cup sealer (alat penyegel yang harganya sekitar 1 jutaan rupiah). Langkah selanjutnya adalah menyimpan di dalam cooler box yang sudah diisi es baru, dan jus mangga pun siap dipasarkan. 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait