7 Manfaat Menyusun Rencana Bisnis

Sebelum memutuskan untuk menjalankan atau membangun sebuah usaha, maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat perencanaan bisnis yang tepat. Seperti yang diungkapkan oleh David H. Bangs, Jr. "Cara terbaik untuk meraih sukses adalah menjalankan usaha sesuai dengan perencanaan usaha yang telah anda susun dengan baik". 

Kegagalan saat pertama mengawali membangun sebuah bisnis adalah akibat ketidakmampuan dalam merancang business plan yang baik, sehingga tatkala memasuki dunia bisnis, banyak hal yang tak terduga muncul dan mengakibatkan mereka tidak tahu harus berbuat apa. 

rencana bisnis
Oleh karena itu, meskipun perencanaan bisnis tersebut hanya selembar kertas, namun jika anda buat secara rasioal, tepat, dan matang maka anda tidak akan tersesat dan terseok-seok dalam mengelola bisnis yang anda bangun. Ada sekitar tujuh alasan dan manfaat mengapa anda perlu menyusun sebuah perencanaan bisnis yang mantap, yakni:

1. Rencana Bisnis akan membantu anda dalam meneropong bisnis anda secara objektif, kritis, dan tidak terbalut dalam perasaan emosional terhadap rencana proyek bisnis yang akan anda jalankan.

2. Rencana Bisnis yang anda susun dapat menjadi jembatan bagi anda dalam mengkomunikasikan segala ide dan gagasan anda kepada pihak lain. Selain itu, rencana bisnis tersebut dapat dijadikan dasar dalam hal pembiayaan, seperti modal, saluran sirkulasi finansial, pengeluaran, dan pendapatan.

3. Rencana Bisnis yang telah dibuat tersebut dapat menjadi penuntun dan rambu-rambu dalam mengelola bisnis sehingga anda dapat bekerja lebih efektif dan efesien, yang pada akhirnya berfokus pada tujuan usaha anda.

4. Rencana Bisnis yang telah disusun secara cermat umumnya dapat mengurangi risiko kegagalan bisnis anda. Pola rencana yang terarah akan membantu anda dalam menunjukkan deskripsi umum tentang apa dan mengapa suatu kesalahan atau kegagalan dapat terjadi. Anda juga dapat meminimalisir pengeluaran biaya tinggi yang tidak sesuai dengan rencana dan kebutuhan.

5. Rencana Bisnis akan membuat anda lebih cepat bertindak, terutama saat menemukan hambatan-hambatan yang tak diperkirakan sebelumnya.

6. Selain berguna untuk diri sendiri, rencana bisnis yang telah anda susun dapat menjadi media informasi kepada pihak-pihak lain untuk menilai sejauh mana grafik perkembangan dan perjalanan usaha anda. Sehingga, ketika anda berupaya menarik investor (penanam modal) atau proposal kerja sama dengan lembaga lain, maka busniess plan tersebut memiliki peran yang vital.

7. Business Plan dapat menjadi alat pembelajaran dan pengalaman bagi anda terkait rencana usaha yang mana yang membuat anda berhasil atau gagal. Dengan hal tersebut, anda akan lebih mudah untuk menyususn strategi selanjutnya.

Demikianlah sekilas gambaran tentang mengapa anda perlu menyusun sebuah perencanaan bisnis yang tepat. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait