5 Cara Mudah Memuaskan Pelanggan

Bagaimanakah cara membuat para konsumen menjadi puas?
Kita tahu bahwa kehadiran customers adalah ibarat api lokomotif yang menggerakkan roda perusahaan. Konsumen yang puas bagaikan mesin turbo yang akan melesatkan laju perusahaan kita. Oleh karena itu, kepuasan pelanggan adalah hal yang tidak boleh ditawar-tawar lagi. Apakah anda ingin membuat pelanggan Anda merasa puas layaknya seorang anak kecil yang yang bahagia saat menerima kado ulang tahun? Jika ya, silakan check out pelajaran kewirausahaan ini!

Pelajaran #1 Cari Tahu Apa yang Diinginkan Konsumen
Sering-seringlah bertanya kepada para pelanggan anda tentang apa saja yang mereka inginkan terkait dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Galilah informasi untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan produk anda, baik atau buruknya tempat usaha anda, layanan yang Anda berikan, dan sejenisnya.

pelangganPelajaran #2 Tetaplah Mengikuti Dinamika Kebutuhan Konsumen Anda
Jika Anda tidak berubah dan beradaptasi terhadap perubahan kebutuhan pelanggan Anda, maka sudah dipastikan Anda akan kehilangan mereka. Konsumen umumnya senang dengan hal-hal yang baru. Keinginan mereka adalah memperoleh produk yang paling bernilai ekonomis, sehingga mereka terus mencari dan membandingkan produk-produk sejenis. Jika anda tidak mampu berinovasi dan beradaptasi terhadap keinginan para pelanggan, maka mereka akan pergi ke tempat lain.

Pelajaran #3 Jalin dan Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan
Poin kedua akan dapat terwujud jika anda memiliki hubungan baik dengan para pelanggan. Anda akan tahu apa yang mereka inginkan. Hubungan akrab dengan pelanggan akan membuat mereka merasa nyaman, sehingga dengan sendirinya mereka tidak sungkan mengungkapkan saran dan kritik terhadap bisnis anda.

Pelajaran #4 Pengiriman Harus Tepat Waktu
Tepat waktu adalah kunci layanan untuk prioritas kepuasan pelanggan. Ketika pelanggan melakukan order pesanan, Anda harus benar-benar memberikan barang dan  layanan tepat waktu sesuai dengan kesepakatan. Anda harus proaktif, Anda perlu mempertimbangkan semua ancaman dan hambatan yang dapat mengganggu jadwal pesanan dan pengiriman.

Pelajaran #5 Jadilah Loyal kepada Pelanggan Anda
Loyalitas kepada para konsumen akan membuat timbal balik, mereka pasti akan loyal kepada anda. Bagaimanakah cara membuat pelanggan loyal? Kuncinya adalah mengerti keinginan dan perasaan mereka.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait