5 Aplikasi Bagus untuk Pelaku Pasar Modal

Satu hal yang paling berharga bagi para pelaku saham dan pasar modal adalah informasi yang up to date. Akses informasi terkini merupakan dasar untuk mengambil keputusan saat menggeluti bidang bisnis keuangan tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pemain pasar modal dalam mendapatkan informasi ter-up to date tersebut, salah satunya adalah dengan bantuan aplikasi mobile yang bisa dijalankan di berbagai perangkat ponsel pintar.

Jika anda merupakan seorang pebisnis saham, pekerja di bursa modal, dan sejenisnya, maka aplikasi-aplikasi mobile ini perlu tersematkan dalam smartphone anda.

Scutify
aplikasi pasar modal
Aplikasi ini tersedia bagi para pemilik ponsel android dan iphone. Dengan aplikasi Scutify ini, kita dapat mengetahui hal terbaru yang terjadi di pasar saham, indeks, dan komoditi. Melalui fitur social media aggregator, kita dapat memahami apa yang sedang menjadi trending topic, membaca aneka kicauan (tweet) yang dilontarkan oleh media sosial perusahaan, membaca laporan tertulis dari para reporter, serta juga membaca blog dan menonton video terbaru yang diluncurkan perusahaan-perusahaan terkait. Pembaruan aplikasi ini telah menambahkan fitur harga dan grafik dari BitCoin, grafik forex pair harian, dan penyempurnaan tampilan grammarnya.

MarketWatch
aplikasi berita saham
Aplikasi MarketWatch juga menjadi aplikasi yang penting agar anda bisa mengikuti tren ekonomi terkini. Aplikasi yang dibuat oleh perusahaan besar Dow Jones & Co ini menyediakan beragam informasi pasar, termasuk analisa dari para pakar ekonomi yang bisa anda simpan dan dilihat secara offline. Kualitas berita yang disajikan dalam MarketWatch merupakan keunggulan tersendiri, karena berasal dari salah satu korporasi penguasa media terbesar di dunia, seperti Baron's, The Wall Street Journal, dan WSJ.com. Untuk keperluan pribadi, aplikasi ini juga dapat anda manfaatkan untuk memantau portofolio saham, personal finance, perencanaan pensiun, dan sebagainya. 

Daily Finance
aplikasi keuangan
Jika anda membutuhkan informasi real time dengan selang waktu setiap 15 menit, maka anda bisa mencoba aplikasi Daily Finance. Para investor dan market followers yang menginstal aplikasi ini akan mengetahui informasi terkini tentang harga saham dari bursa BATS, NYSE, NASDAQ, dan AMEX. Fitur grafik pergerakan harga terkini dan masa lalu membuat aplikasi ini terasa powerful. Setiap 30 detik, fluktuasi pergerakan harga saham dan pasar dapat anda pantau secara cermat. Anda juga dapat menyaksikan update headline news setiap 2 menit secara otomatis. Melalui aplikasi ini, anda dapat mengelola hingga 25 portofolio saham yang berbeda.

FRED Economic Data
aplikasi data ekonomi
Aplikasi FRED Economic Data (Federal Reserve Economic Database) menyajikan beragam sumber informasi penting terkait dengan data - data ekonomi. Anda dapat mengakses lebih dari 40.000 data ekonomi real time yang bisa membantu anda dalam mempelajari situasi pasar dan mengambil keputusan. Aplikasi ini cocok bagi anda yang sering melakukan trading, karena menghadirkan beragam informasi terkait dengan banking, business/fiscal, financial data, exchange rate, interest rate, prices, international data, dan masih banyak lagi.

Bloomberg
aplikasi bisnis
Nama "Bloomberg" di Indonesia sudah cukup populer. Selain portal dan channel tv-nya yang informatif, Bloomberg juga menghadirkan aplikasi yang bagus. Bagi para pelaku ekonomi, Bloomberg merupakan gerbang informasi yang ter-up to date, khususnya yang berkaitan dengan pasar modal, berita bisnis, data pasar, dan sekaligus sebagai alat untuk memantau perkembangan portofolio keuangan. Beragam informasi terkait dengan bisnis dan keuangan, termasuk berita penting seperti pertemuan kepala negara, krisis politik, dan sejenisnya dapat anda akses untuk membantu memprediksi situasi global yang akan berpengaruh terhadap kondisi ekonomi. Aplikasi Bloomberg ini juga dapat membantu anda dalam memantau, mengelola, dan menganalisis portofolio saham, reksa dana, ETF, mata uang, dan sebagainya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait