20 Hal Penting Saat Memulai Bisnis

Kapan waktu yang paling tepat untuk membangun atau memulai sebuah usaha? Banyak pakar bisnis yang memberikan jawaban tegas, yakni "Sekarang!!!" 

Mendirikan sebuah usaha tidak boleh menunggu terlalu lama, namun sebaliknya jangan terlalu tergesa-gesa. Yang terpenting saat anda memutuskan untuk memulai sebuah bisnis adalah adanya kesiapan dan keyakinan di dalam diri anda. Ketika awal mendirikan sebuah perusahaan, entah itu usaha kecil, medium maupun skala besar, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Mungkin 20 poin berikut ini menjadi hal yang mesti anda cermati.

01. Sebelum anda berbisnis, yakinkan terlebih dulu diri anda agar senantiasa bersiap dengan keuntungan dan risiko bisnis yang akan anda hadapi.

02. Jalankan bisnis anda yang diawali dengan memberikan penawaran unik dan menarik sehingga akan lebih memicu dan memacu minat orang lain dalam mengenal produk Anda. 

03. Kelengkapan materi memang merupakan modal dasar dalam memulai usaha, tetapi lebih dari itu adalah semangat dan kemauan yang sesungguhnya menjadi modal yang paling utama.

04. Sebelum memutuskan untuk berbisnis,  hal mendasar yang harus dilakukan adalah mengenal bisnis yang akan anda geluti. Hal ini akan membuat anda cepat beradaptasi dan tidak mudah tertipu. 

05. Sebelum memulai kewirausahaan anda, lakukan riset pasar. Hal ini sangat perlu dilakukan karena merekalah yang akan menggunakan produk Anda, bukan Anda!

06. Pemilihan lokasi usaha menjadi salah satu penentu kesuksesan berikutnya. Carilah tempat yang sesuai dengan jenis usaha anda. Jika terpaksa, anda bisa memilih lokasi yang kurang strategis dengan beberapa nilai plus. Lihat alasannya di link ini!

07. Jadilah pelopor dalam satu genre bisnis baru jika anda memang ingin dikenang sepanjang masa. 

08. Membangun bisnis yang langgeng didasari oleh kepercayaan (trust). Jika kepercayaan tersebut sudah tidak dapat lagi dipegang, maka kehancuran bisnis pun mulai menggerogoti, perlahan namun pasti. 

09. Jika anda belum memiliki mampu menggerakkan roda bisnis anda secara mandiri, maka carilah partner yang memberikan kontribusi seimbang yang bisa saling mengisi dan saling mengoreksi. 

10. Jadikan target bisnis yang Anda incar sebagai sebuah kebutuhan, bukan hanya sebagai keinginan saja. 

11. Berbisnis berpotensi membuat anda berada dalam kemakmuran cepat asal sesuai dengan passion.

12. Ketika anda mendapati bahwa usaha yang anda bangun belum mampu memberikan hasil maksimal, tapi paling tidak hal itu sudah dapat menjadi modal untuk menarik yang lebih besar.

13. Jika Anda ingin berbisnis, pilihannya hanya dua, yakni memiliki kedisiplinan untuk menekuninya atau tidak sama sekali. 

14. Sadarilah bahwa penguasaan materi akan meningkatkan rasa percaya diri dengan bisnis yang anda tekuni. 

15. Persiapkan dan tumbuh kembangkan mental baja dalam diri anda dan bersiaplah ditempa dengan berbagai tantangan dan pengalaman agar proses usaha anda tidak berakhir sia-sia dan penuh air mata. 

16. Saat memutuskan untuk membuat produk, tentukan segmentasi konsumen yang jelas agar daya serapnya lebih kuat dalam kompetisi pasar. 

17. Menjadi pionir pada suatu bidang bisnis memiliki banyak keuntungan, diantaranya anda akan lebih dikenal dan senantiasa berada di top of mind publik.

18. Seorang pebisnis yang cerdas akan selalu mencari perubahan, mempelajarinya, dan kemudian melaksanakannya menjadi sebuah peluang dan kesempatan emas.

19. Seperti kata pepatah lama, "Besar Angin, Besar Pula Badai". Demikian juga dalam dunia usaha. Bisnis yang memberikan profit besar juga memberikan risiko yang besar pula. Jadi waspadalah! 

20. Memegang prinsip yang konservatif dalam berwirausaha adalah hal yang lumrah dan tidak ada salahnya, hanya saja perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait