10 Tips Jitu Menjalankan Bisnis agar Sukses

Meraih kesuksesan dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis tak hanya diperoleh hanya dengan keberuntungan saja. Ada beberapa langkah yang harus ditempuh secara cermat dan mantap. Jika anda tengah mendirikan atau melakoni sebuah bidang usaha, maka 10 tips berikut ini patut anda laksanakan.

1. Bukalah pikiran anda agar lebih terbuka, karena dengan pikiran yang terbuka akan ada banyak ide dan inovasi yang muncul dalam benak Anda. Hindari mengungkapkan kata-kata yang terkesan agak tertutup, misalnya "selama ini saya telah melakukannya dengan cara itu, maka dengan cara itulah saya akan terus melakukannya". Hal ini menunjukkan bahwa anda adalah orang yang berkarakter kaku dan tidak mau menerima masukan pihak lain. Terkadang, sebuah ide dari seorang teman atau staf bisa menjadi sebuah langkah awal dalam mengantarkan anda kepada keberhasilan. Doronglah pikiran anda agar menjadi lebih terbuka, kreatif, dan inovatif.

TIPS SUKSES BISNIS2. Buat pikiran dan hidup anda dengan hal-hal yang positif. Jalinlah hubungan dengan orang-orang yang berpikiran positif, serta buanglah jauhilah segala macam yang mengandung unsur negatif. Pikiran negatif, seperti malas atau kurang menyenangi pekerjaan anda, hanya akan membuat anda tidak pernah maju. Pekerjaan yang anda suka dan cintai akan memberi hasil yang maksimal. Oleh sebab itu, dalam berbisnis anda harus mencintai pekerjaan tersebut. Jika tidak, sebaiknya buat rencana untuk mengubah bidang bisnis anda yang sesuai dengan keinginan anda (klik di hati).

3. Tepati apa yang anda janjikan. Jika anda berjanji untuk melakukan sesuatu, maka penuhilah ucapan tersebut. Sebuah perusahaan akan ditinggalkan para pelanggannya jika ia tidak mampu memenuhi janjinya (unreliability).

4. Lakukan secara teratur. Kerjakan dan jalankan bisnis anda secara teratur dan berkesinambungan. Ketika anda punya waktu luang, tatalah segala hal yang tampak semrawut, seperti ruang kerja dan buku laporan. Suasana yang berantakan akan semakin membuat pikiran menjadi kacau dan tidak fokus.

5. Buat segalanya maksimal, termasuk dalam urusan penampilan. Gunakan pakaian yang rapi dan jagalah agar tempat kerja tetap bersih dan nyaman. Jika anda terlihat bagus, maka orang pun akan merasa nyaman dengan anda, dan secara tidak langsung dapat memberi dampak positif bagi perkembangan bisnis anda.

6. Perlakukan semua orang yang datang ke tempat usaha anda sebagai pelanggan, meskipun orang tersebut adalah pedagang atau pelaku bisnis tertentu yang menawarkan suatu produk yang tidak anda butuhkan. Mungkin suatu saat nanti, ia akan menjadi konsumen anda.

7. Jangan terlalu khawatir tentang masalah finansial, Anda dapat melakukannya sambil jalan. Mencemaskan masalah kehabisan keuangan, tidak akan membuatnya menjadi lunas. Cobalah gali ide-ide baru yang siap anda implementasikan untuk meningkatkan jumlah pelanggan anda.

8. Bersikaplah jujur dan etis. Semua kesepakatan yang telah anda lakukan dengan pihak lain harus dilaksanakan secara jujur. Kejujuran akan membuat anda tidak takut dalam bertindak dan tidak akan membuat hidup anda dirundung kecemasan.

9. Ucapkan pujian secara tulus kepada semua orang yang pantas untuk dipuji,  baik itu anggota keluarga, teman, atau pun staf anda. Hindari mengungkapkan suatu sanjungan yang didasari hanya kepura-puraan. 

10. Seimbangkan hidup anda. Hidup harmonis antara urusan pekerjaan dan diluar pekerjaan akan memberikan dampak positif. Apalah artinya harta berlimpah jika anda tidak bisa menikmatinya karena kondisi fisik yang drop. Beristirahatlah yang cukup, bila tubuh anda memberi sinyal untuk rehat.

Demikianlah tips - tips dalam menjalankan bisnis agar berpeluang sukses. Semoga tulisan yang bersumber dari buku "Bisnis Pasti Sukses dengan Creative Marketing" karya Andrew Griffiths ini dapat menjadi inspirasi usaha anda. Salam sukses!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait