10 Tips Bisnis Memanfaatkan Instagram

Instagram merupakan salah satu sosial media yang identik dengan berbagi foto (gambar). Dengan aplikasi Instagram, anda dapat memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak. Popularitas instagram semakin menguat setelah aplikasi ini bisa digunakan di berbagai platform, termasuk Android. Semakin banyaknya pengguna instagram, membuat para pengusaha berupaya untuk memanfaatkannya dalam urusan bisnis, khususnya untuk promosi dan marketing. Bagaimanakah caranya menggunakan instagram agar efektif dalam urusan bisnis? Berikut 10 tips dan kiat-kiatnya!

1. Pastikan Anda Membuat Halaman Bisnis, Bukan Personal Page
Seperti jejaring sosial lainnya, biasanya terdapat dua jenis akun, yakni akun untuk personal dan akun korporat (bisnis). Pastikan saat anda membuat akun instagram, anda harus memilih opsi akun bisnis.

bisnis instagram2. Tentukan Strategi dan Tujuan Anda
Apa tujuan utama anda menggunakan instagram? Apakah halaman instagram anda digunakan untuk memperkuat brand bisnis anda? Apakah lebih ditujukan untuk menjual produk? Atau untuk menambah jumlah fans? Dengan menentukan tujuan utama, maka anda dapat memutuskan postingan yang paling sesuai.

3. Pakailah Tema yang Familiar
Dengan memanfaatkan beragam fitur yang terdapat pada instagram, anda dapat membuat tampilan foto yang keren. Namun, upayakan untuk mengupload gambar yang clear, familiar, dan konstan sehingga dapat memperkuat image bisnis anda.

4. Edit Setelan Fitur Berbagi (Share Setting)
Aktifkan fitur berbagi otomatis, sehingga foto atau gambar yang anda unggah langsung bisa diposting di berbagai jejaring sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, dan Google Plus.

5. Sematkan Widget Instagram pada Situs / Blog Anda
Dengan menyematkan (embed) gadget instagram pada blog bisnis anda, maka potensi menarik kunjungan (visitor) dari situs ke instagram semakin besar.

6. Posting Sebuah Iklan Bersponsor
Link iklan memungkinkan Anda tetap berada di hasil pencarian untuk kata kunci yang lebih banyak. Mungkin saat ini fasilitas ini belum tersedia secara publik, tapi akan segera tersedia untuk akun bisnis.

7. Berikan Insentif ke Followers dengan Kode Promosi
Penawaran kode promo - promo eksklusif dan diskon kepada para pengikut instagram anda adalah cara mudah untuk mendorong penambahan jumlah Followers, bukan hanya sekedar "like".

8. Regram Gambar Pengguna yang Menandai Anda
Mungkin anda menjumpai beberapa pengguna instagram memposting gambar tentang produk atau brand usaha anda. Sebagai bentuk rasa terima kasih dan cara termudah meningkatkan diskusi pengguna terhadap perusahaan anda, maka regram gambar harus anda lakukan.

9.  Adakan Kontes Foto
Kontes Foto yang menandai produk, merek atau brand perusahaan anda adalah cara yang efektif untuk memperluas jangkauan fans instagram anda.

10. Pajang Foto Karyawan dan Lingkungan Perusahaan Anda
Mungkin banyak Followers yang penasaran seperti apa perusahaan anda, siapa sajakah orang-orang yang menjalankan perusahaan anda, dan bagaimana lingkungan kerjanya. Dengan memajang gambar-gambar tersebut, maka fans akan merasa lebih dekat dengan perusahaan anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait