Inilah Deretan CEO Terbaik Tahun 2014

Keberhasilan suatu perusahaan tergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah seberapa hebat peranan pimpinannya. Chief Executive Officer (CEO) atau Direktur Utama yang juga dikenal dengan istilah MD (managing director) di kawasan Britania Raya, merupakan pimpinan perusahaan yang bertugas dan bertanggung jawab dalam mengatur seluruh operasional perusahaan. 

Seorang CEO yang memiliki visi dan misi bisnis serta semangat besar akan mampu membawa perusahaan yang dipimpinnya berkembang sesuai harapan. Nah, berkaca pada kinerja tahun 2014 lalu, ada beberapa CEO yang mampu membuat organisasi perusahaannya mengalami kemajuan yang pesat. Dikutip dari situs CNN, inilah 5 CEO Terbaik Tahun 2014:

1. Tim Cook (Apple, Inc)
ceo terbaik tahun 2014
Setelah kematian Steve Jobs, banyak orang menduga bahwa perusahaan teknologi Apple akan mengalami kemunduran. Sebagai CEO, Tim Cook diprediksi tidak mampu setara dengan Steve Jobs yang inovatif. Namun, pria kelahiran tahun 1960 tersebut mampu membuktikan keahliannya sebagai seorang pemimpin perusahaan. Omset saham Apple meningkat 40% pada tahun ini, sehingga disebut sebagai salah satu mutiaranya Wall Street.

2. John Chen (BlackBerry)
Perusahaan teknologi di bidang komunikasi asal Kanada ini diprediksi akan mengalami kebangkrutan setelah kalah dari produk Apple dan Android. Namun, kebijakan yang diambil oleh Chen mampu membuat para investor merasa tidak khawatir lagi. John Chen memutuskan untuk lebih fokus ke bisnis software daripada head to head dalam bisnis perangkat mobile. Kebijakan tersebut membuat perusahaan yang berkode BBRY tersebut mencapai peningkatan sebesar 35% di tahun 2014.

3. Satya Nadella (Microsoft)
Pria kelahiran India ini menjadi pimpinan Microsoft setelah menggantikan Steve Ballmer pada 4 Februari 2014. Melalui keahliannya, Nadella berhasil membawa perusahaan Amerika Serikat tersebut tetap berada pada posisi atas. Nilai saham Microsoft mengalami peningkatan sebesar 26% pada tahun ini.

4. Mary Barra (GM)
Mary Teresa Barra adalah sosok wanita tangguh yang memimpin sebuah perusahaan otomotif. Perempuan kelahiran tahun 1961 ini dipercaya menjadi CEO pada perusahaan raksasa General Motors (GM) sejak 15 Januari 2014. Ia menjadi dirut wanita pertama dalam pasar otomotif. Dalam perjalanannya sebagai seorang pimpinan perusahaan otomotif, ia banyak mengalami kendala dan tantangan, misalnya badai krisis recall besar-besaran. Wanita tangguh ini mencoba mengembalikan budaya dan kejayaan perusahaan.

5. Marisa Mayer (Yahoo)
direktur cantik
Saham Yahoo telah mengungguli rival utama mereka Google. Tapi CEO Marissa Mayer mungkin tidak pantas semua kredit untuk itu. Alasan utama kenaikan saham Yahoo sebesar 25% disebabkan keputusan Yahoo untuk mengalihkan uangnya berinvestasi ke perusahaan e-commerce asal China, Alibaba. Keuntungan dari IPO Alibaba tersebut akan dikembalikan ke para investor. Hal ini yang membuat para investor mempercayakan uangnya ke Yahoo di bawah kepemimpinan CEO cantik, Marissa Mayer.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait