10 Tips Memilih Hadiah Natal untuk Rekan Bisnis

Bulan Desember bagi umat Kristiani merupakan bulan yang ditunggu - tunggu. Pada bulan ini, tepat pada tanggal 25 warga Kristen akan merayakan hari raya Natal. Satu hal yang sudah menjadi tradisi di perayaan ini adalah memberikan hadiah. Pemberian kado maupun kartu ucapan tersebut tidak semata - mata hanya ditujukan kepada sanak famili saja, tetapi juga sering dipersembahkan kepada para sahabat, termasuk rekan kerja di kantor dan juga mitra bisnis anda.

Nah, dalam memilih sebuah hadiah natal untuk rekan kerja atau mitra bisnis anda, hendaknya dilakukan dengan cermat agar kado Natal anda memiliki nilai kesan yang efektif. Berikut disajikan tips sederhana dalam memilih hadiah natal bagi rekan kerja atau mitra usaha anda.

hadiah natal1. Tentukan Rencana Anggaran Hadiah Anda
Hal pertama yang wajib anda cermati adalah memperhitungkan jumlah budget yang anda anggarkan untuk membeli hadiah. Upayakan agar jumlah uang yang anda keluarkan tidak sampai menguras tabungan anda, karena anda akan menghadapi moment pesta tahun baru yang tentunya memerlukan jumlah budget tertentu.

2. Pilih Jenis Hadiah yang Bersifat Non-Personal
Karena hadiah tersebut ditujukan kepada rekan kerja atau mitra bisnis yang sifatnya lebih ke hal-hal profesional, maka hindari memberikan hadiah yang terkesan terlalu pribadi, misalnya pakaian, parfume, kosmetik, dan sejenisnya.

3. Hadiah Tidak Perlu Mahal dan Mewah
Hadiah yang mahal dan mewah akan memberi kesan positif yang lebih kuat, namun jika salah persepsi akan disangka barang suap (gratifikasi). Jadi, hadiah yang disiapkan tidak perlu mewah.

4. Teliti Hal yang Disukai dan Tidak Disukai
Ketika anda masih bingung menentukan jenis hadiah yang akan anda berikan, maka salah satu solusinya adalah dengan mengetahui hal yang disukai dan tidak disukainya. Jika teman bisnis anda suka membaca buku fiksi, maka cobalah menghadiahkannya dengan salah satu judul buku fiksi yang belum pernah ia miliki / baca.

5. Awas Beli Barang Obralan
Hindarilah memberi hadiah dari barang obralan (produk diskon) yang ditawarkan di supermarket atau di toko online, karena jika sampai ketahuan akan tampak memalukan. 

6. Perhatikan dengan Cermat Jika Memberi Hadiah Makanan
Bila anda berencana akan memberikan hadiah berupa produk kuliner seperti cokelat, kue, permen, dan sejenisnya maka anda harus sangat hati-hati. Telitilah dengan cermat apakah orang yang anda beri hadiah tersebut mengidap alergi tertentu atau tidak terhadap suatu bumbu makanan.
  
7. Pertimbangkan Memilih Hadiah Barang yang Dapat Digunakan Sehari-hari
Hadiah akan memberi kesan kuat jika dapat dipakai sehari-hari, seperti jam tangan, kursi bantal, mug, alat pemijat, dan sebagainya. Jadi, cobalah pertimbangkan memberi kado berupa barang yang bisa digunakan sehari-hari. 

8. Waspada Kemungkinan Hadiah yang Sama
Dalam event perayaan Natal, mungkin banyak orang di lingkungan kerja anda yang juga berencana akan memberi hadiah kepada mereka yang merayakan Natal. Nah, dalam memutuskan hadiah apa yang akan anda berikan, maka sebaiknya jangan sampai sama dengan teman-teman anda, karena dapat menyebabkan hal yang mubazir bagi yang menerimanya. 

9. Memiliki Nilai Manfaat bagi Penerima Hadiah
Poin penting dalam memberikan sebuah kado bukan terletak pada harganya, tetapi lebih pada manfaatnya. Ketika anda ingin memberi hadiah kepada atasan anda (boss), mungkin hadiah berupa kotak cerutu klasik akan terasa lebih bernilai daripada sebuah jam tangan mewah.

10. Jangan Lupa Pernak-pernik Tema Natal
Hal terakhir yang tidak boleh terlupa adalah hiasan kado yang bertema Natal. Apa pun jenis hadiahnya, jangan lupa untuk memberinya pernak-pernik yang mencirikan moment perayaan Yesus Kristus.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait