Membuat Desain Website yang Bagus dengan 5 Prinsip Ini

Menjalankan bisnis di era digital saat ini tidak mungkin terlepas dari yang namanya website. Oleh sebab itu, pembuatan website dengan desain yang menarik menjadi bagian yang penting. Saat ini banyak para pebisnis yang menyadari bahwa pembuatan desain Web tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun terkesan rumit namun sebenarnya bisa dibuat dengan konsep yang sederhana tetapi tetap berpegang pada prinsip prinsip dasar yang di gunakan sebagai acuan untuk membuat sebuah situs bisnis ataupun blog yang menarik perhatian pengunjung. Ada lima poin penting yang cukup vital di dalam menyajikan design Web atau blog yang cantik.

1. Memberi Kesan Pertama yang Baik
Hal pertama yang wajib diperhatikan dalam design Web adalah membuatnya terlihat nyaman di mata pengunjung. Untuk mewujudkan hal ini, cobalah berusaha menempatkan diri anda layaknya seorang visitor.

contoh desain website bisnis yang bagus
Jangan menempatkan diri anda sebagai pemilik situs. Dengan cara ini, maka anda akan mampu mengukur tingkat kenyamanan seorang pengunjung website anda. Mungkin saat ini ada sejuta situs yang sejenis dengan bisnis anda. Oleh sebab itu, jika anda tidak mampu memberikan kesan pertama yang baik bagi para pengunjung, maka mereka akan beralih ke website yang lain hanya dengan mengklik tombol "back".

2. Tetap Konsisten
Konsistensi menjadi prinsip yang harus anda pegang teguh dalam menciptakan kesan yang kuat. Hal ini juga berlaku dalam pembuatan dan pengembangan situs bisnis anda. Melalui situs tersebut, anda sebagai pemilik bisnis tentu juga bertujuan untuk mempromosikan brand anda, dan sebuah brand yang akan berhasil adalah mereka yang tetap konsisten. Untuk mewujudkan konsistensi tersebut dapat anda lakukan melalui konsistensi desain Web anda yang mencakup: logo, warna background, jenis font, dan sebagainya. Pemilihan unsur-unsur pembangun desain tersebut harus dicermati secara cermat. Jangan sampai situs bisnis yang berkonsep dewasa dan profesional akhirnya malah memberikan kesan (image) abg hanya karena kurang tepat dalam memilih warna dasar situs anda.

3. Berusaha Terlihat Sederhana dan Mudah
Banyak para desainer web yang sering tergoda menggunakan beragam fitur widget dan grafis yang bervariasi dalam mendesain sebuah tampilan situs. Hal itu sebenarnya cukup bagus, tetapi jangan lupa berpegang pada prinsip simple dan minimalis. Jangan khawatir situs anda akan dianggap kurang profesional hanya karena terdapat ruang kosong (misal background putih) pada laman web anda. Ruang kosong pada laman web anda dapat juga memberi kesan lega (tidak penuh sesak) sehingga tetap nyaman di mata pengunjung.

4. Jangan Membingungkan Pengunjung
Simplicity dan efesien menjadi poin penting agar desain Web bisnis anda mudah ditelusuri dengan navigasi yang jelas. Gunakan widget yang rapi, dan pasang tombol ‘call to action’ yang mudah terlihat dan menarik perhatian. Contohnya, jika Anda ingin pengunjung membeli produk bisnis Anda, maka berikan arahan yang jelas dan mudah dipahami bagaimana ia bisa melakukan transaksi pembelian dengan desain web yang tidak membingungkan. Demikian juga dengan tombol "Contact Us" dan beberapa widget yang penting harus mudah ditemukan, dan ketika diklik langsung menuju ke laman yang ingin dilihat pengunjung. Hindari menggunakan widget-widget yang dapat mengganggu pandangan user dalam menyusuri situs anda.

5. Buat versi Mobile
Pada tahun-tahun berikutnya, akses internet melalui perangkat mobile seperti smartphone dan komputer tablet akan terus meningkat dan mengalahkan jumlah pengguna komputer desktop. Oleh sebab itu, anda harus mulai memikirkan desain situs yang sesuai dengan versi Mobile. Dalam desain Web mobile tersebut, harus anda perhatikan keterbatasan layar, sehingga widget-widget yang tidak vital harus disembunyikan. Jadi anda harus beradaptasi menyesuaikan kecanggihan teknologi gadget mobile terbaru, misal auto rotasi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait